Laser Cutting on Invitation Card


Di jaman ketika merpati tak lagi menjadi penyampai kabar, kartu undangan sebaiknya memiliki keistimewaan tersendiri di luar fungsinya sebagai penyampai kabar. Kartu undangan yang menarik dapat membuat kesan pertama yang baik bagi para penerimanya.


Selain desain, beragam teknik cetak atau teknik-teknik ‘pemanis’ lainnya juga menjadi penentu seberapa unik dan menariknya kartu undangan. Salah satu ‘pemanis’ tersebut dengan menggunakan tehnik laser cutting.


Desain kartu undangan dapat terlihat lebih manis dan juga unik jika diberi sentuhan oleh laser cutting dengan berbagai aplikasinya.

Antara lain:

  • Membuat lubang-lubang kecil yang mengikuti desain ornamen, menggrafir atau mengukir pola desain hingga memiliki dimensi tertentu.


  • Menggunakan teknik laser punch, yaitu membuat lubang yang sangat rapat dengan diameter dan kedalaman yang berbeda-beda sehingga secara keseluruhan membentuk sebuah gambar.


Dengan laser cutting, pola-pola desain yang rumit atau berukuran kecil -yang tidak mungkin dibuat dengan menggunakan pisau pon (die cut)- dapat dikerjakan dengan ketepatan ukuran yang presisi dalam waktu yang singkat.





Satu hal yang harus diingat jika ingin membuat kartu undangan dengan menggunakan tehnik laser cutting adalah gunakanlah kertas coated atau kertas fancy. Selain memberi sifat yang mengkilap dan hasil cetakan yang superior, kertas fancy ini jika dilaser tidak akan menghasilkan residu pembakaran yang cukup banyak, sehingga noda hitam tidak akan menempel pada garis potong yang langsung terkena laser. Tidak seperti yang terjadi pada kertas-kertas daur ulang ketika dilaser. Namun sayangnya, kualitas kertas fancy buatan lokal masih juga sering meninggalkan residu pembakaran.

Sementara itu, bagi yang merasa bahwa bahan kertas fancy terlalu biasa, mungkin dapat menggunakan bahan-bahan lain seperti graphic board (grey board) dan foam board (kappa board). Ataupun jika ingin lebih unik lagi, bahan-bahan seperti plastik (namun tidak yang mengandung PVC), kain, akrilik, bahkan kayu dapat juga menjadi pilihan bagi media kartu undangan. Dan tentunya semua itu juga dapat diberi sentuhan laser cutting yang membuat kartu undangan menjadi begitu berkesan dan tidak hanya menjadi penyampai kabar saja seperti merpati.

* klik pada gambar untuk tampilan yang lebih besar

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails