Fauna Dekoratif ala Merdeka Agnikarma

Merdeka Agnikarma atau yang biasa dikenal dengan panggilan Akah ialah seorang seniman muda penuh bakat asal Jakarta yang telah beberapa kali bekerja sama dengan Gusto untuk pengerjaan beberapa karyanya.

Selain menjadi desainer freelance, Akah juga kerap kali mendesain berbagai aksesoris dan interior rumah di bawah nama Silla Home. Sebelumnya lulusan FSDR ITB jurusan desain produk ini juga tergabung dengan group artist Macupicu yang dikenal dengan karya mereka untuk sampul album kedua RNRM.

Di sela-sela kesibukannya, Akah berbagai cerita kepada kami mengenai sifat keibuannya, tingkah laku klien yang sering dihadapinya hingga cita-citanya untuk dikirim ke negeri Cina sebagai animal biologist. 







Sebenarnya, ingin lebih dikenal sebagai seorang desainer perhiasan dan aksesoris atau seorang illustrator atau desainer interior atau lainnya?



Haha, ini susah sekali pertanyaannya. Sebenarnya ini semua dilakukan karena senang aja, belajar dari temen, ada yang belajar dari mentor, ternyata alhamdulilah bisa menghasilkan. Gue nggak ambisius pengen punya label jadi desainer ini-itu. Gue cuma ingin dikenalnya sebagai ibu rumah tangga yang punya bisnis kreatif aja.
Ilmu yang dipelajari semasa kuliah di FSRD ITB, apakah memiliki peranan yang cukup besar terhadap pekerjaan Akah sekarang ini?
Sangat amat! Gue ambil desain produk di ITB, turn out to be one of the best choices in my life :) Gue belajar tentang material dan pengolahannya, pola pikir konsumen dan yang paling penting keinginan wiraswasta dari sekolah ini.
Dulu Akah memiliki grup artist bernama Macupicu. Dan sekarang membuat line sendiri bernama Silla Home. Apa yang membedakan keduanya?
Wow, you've done your homework! Basically Macupicu is a collaboration of two teenagers in love, it's dreamy, konseptual, karyanya lebih ke art projectsI'm so proud of it, now they rest in peace :)
Sillahome adalah sisi ibu-ibu gue yang pengen dandanin rumah orang, nggak terlalu pusing mikirin konsep karena produknya everyday things. Yang gue pikirin barangnya akan laku atau nggak. haha. Bahkan gue nggak menganggap diri gue sebagai desainer di Silla. It's mainly business, only with deep passion.
Apakah yang dikerjakan Akah sekarang akan selalu di bawah nama Silla Home? Atau masih ada beberapa karya yang dibuat di bawah nama sendiri?
Silla is still just a baby. Gue masih harus nyuapin dengan kerjaan freelance design. Disitulah illustrasi dan interior, bahkan decorating mengambil peran (untuk menghidupi). Untuk kegiatan freelance, nama Silla nggak pernah dibawa.
Menurut Akah, apa yang menjadi ciri yang dapat membedakan produk Silla Home dengan line home produk/interior lainnya yang ada di Indonesia?
Silla is everything i love, it's just my lovely ego, no other will have the exact same.
Jika ada klien yang ingin dibantu pengerjaan interior desain rumahnya namun dengan budget yang rendah, hal-hal apa saja yang dapat dikerjakan oleh Silla Home?
Nah, klien gue semuanya gini nih. haha. Jawabannya adalah refurbishing old furnitures, pemilihan material, dan DIY!
Bagaimana dekorasi rumah yang ideal bagi Akah pribadi?
Rumah yang ideal untuk gue, tetap harus nyaman. Rumah yang mencerminkan kepribadian orang yang tinggal disitu, penuh dengan personal stuff, a home you want to come home to.
Hal-hal apa saja yang menginspirasikan Akah untuk berkarya?
Bisa apa aja sih. Pada dasarnya gue tuh dork, ketagihan Animal Planet, National Geographic, dan Discovery Channel. Kebanyakan inspirasi datangnya dari nonton channel-channel itu. Tapi tentu saja ada pengaruh fashion, film, musik, dll.
Sejauh ini sudah bekerjasama dengan Gusto dalam membantu proses produksi beberapa karya. Bagaimana awalnya tertarik untuk mengerjakan produk di Gusto?
Dulu pernah kerja di clothing yang pernah pake Gusto, udah agak lama. Jadi gue browsing lagi, ternyata udah canggih gini Gusto.
Bisa disebutkan beberapa produk yang dibantu proses pengerjaannya oleh Gusto? Dibuat dari material apa?
Yang pernah dibuat itu ada kalung dari material MDF yang di laser cut, ada pesanan homeware seperti wall decor bentuk rusa gitu dari material MDF dan Plywood. Lalu ada signage library dari etching stainless steel.
Apakah desain yang diajukan ke Gusto sudah dalam tahapan akhir, siap untuk diproduksi atau masih ada proses brainstorming dengan pihak Gusto, misalnya mengenai material atau teknik pengerjaan?
Setiap kali memesan, gue selalu minta pendapat Gusto mengenai material. Brainstorming juga tentang cara pengerjaan. Dan Gusto nggak takut untuk eksperimen. Sales Gusto helpful banget. Selalu ngasih alternatif-alternatif yang bisa dikerjakan. Gue bahkan udah temenan banget sama sales Gusto yang selalu gue repotin, walaupun belom pernah ketemu langsung. :)
Sepertinya banyak produk dan ilustrasi yang dikerjakan bertema hewan. Seberapa besar kecintaan Akah terhadap hewan? Hewan apa yang ingin sekali dan belum kesampaian hingga kini untuk Akah desain dan dijadikan sebuah produk?
Iya yaa? Analisa yang hebat! Gue animal lover banget. Kalau punya uang pengennya bikin animal rescue, punya semua breed anjing. Kalau gue nggak sekolah product design, gue mau jadi animal biologist dan dikirim ke cina untuk bantuin program penyelamatan Moon Bear. Mungkin itu sih inspirasi produk yang akan datang : Moon Bear. Thanks for the inspiration!
Sejauh ini, Gusto mengerjakan laser cut untuk produk-produk yang Akah desain. Apakah ke depannya ingin membuat sesuatu yang lain di Gusto? Misalnya menggunakan laser engraving atau lainnya. Seperti apa contohnya?
Oh tentu saja. Banyak banget yang udah ada di kepala yang mau dibuat di Gusto. Cuma perlu waktu untuk ngegambarnya aja. Next project kayanya furniture kayu dengan engraving laser.
Seberapa penting keberadaan workshop seperti Gusto bagi seniman dan desainer?
Designer kan cuma bisa gambar. Kita stuck kalau ada orang produksi yang nggak keep up dengan teknologi dan terus menerus mendorong kemampuan produksi. Jadi ya super penting. Kalau nggak ada kita nggak bisa menghasilkan apa-apa yang baru
Apa rencana terdekat Akah dan Silla Home?
Bismilah, bulan Maret ini Silla Home akan ikut Brightspot Market, bazaar yang berisi desainer-desainer muda which i'm highly respect. Lalu di bulan April ikut Ina-craft, bazaar handycraft se Indonesia. Dan di bulan Mei. Insya Allah akan ada permanent store bersama desainer-desainer muda yang lain yang berlokasi di Level 1, Grand Indonesia. Doain lancar jadi bisa pesen terus ke Gusto. :)

sillahome@gmail.com
http://sillahome.blogspot.com


0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails