Laser Cutting Pada Kertas

Material kertas sangat mudah untuk dipotong dengan menggunakan laser cutting. Selain itu, karena kertas tidak lagi asing dan sering digunakan, maka aplikasi laser pada kertas juga cukup luas. Laser cutting pada kertas digunakan untuk membuat kartu ucapan, kartu undangan, mini puzzle, cup cake, bookmark, dan masih banyak lagi.




Hal-hal yang perlu diingat ketika hendak melakukan laser cut pada kertas antara lain sifat dasar kertas yang digunakan. Setiap jenis kertas memiliki sifat yang berbeda ketika dipotong dengan mesin laser cutting. Kertas tertentu akan lebih mudah gosong dibandingkan dengan jenis kertas lainnya.




Misalnya kertas recycle, umumnya akan lebih mudah untuk terbakar, sehingga meninggalkan bekas gosong yang lebih luas jika dibandingkan dengan kertas biasa. Kertas mana yang anda pilih tergantung pada kesan laser yang ingin anda dapatkan. Apakah anda tidak ingin kertas terlihat gosong, atau malah itu efek yang anda cari. Apabila anda hendak memotong kertas dengan laser, sebaiknya anda memilih dan mencoba beberapa jenis kertas terlebih dahulu, baru kemudian menentukan kertas mana yang lebih cocok untuk jenis pekerjaan anda.



Apabila kertas yang ingin dilaser juga memiliki cetakan, misalnya untuk membuat kartu ucapan Lebaran, berarti anda harus mencetak semua gambarnya terlebih dahulu, baru kemudian mengerjakan laser cutting. Dalam kasus ini misalnya anda memberi gambar Mesjid, dan ingin memotong bolong bagian-bagian jendelanya.



Hal ini sedikit membutuhkan trik karena hasil hampir mustahil untuk memadukan hasil cetak dan hasil laser sama persis. Akan tetap ada pergeseran, karena proses dilakukan pada dua buah mesin yang berbeda, dan pasti ada sedikit perbedaan dalam pengukuran kertas antara mesin potong, mesin cetak, dan mesin laser.

Karena itu satu-satunya cara, hindari penggunaan garis-garis yang menandakan pada bagian mana laser harus memotong jendela tersebut. Sebaiknya garis-garis jendela dihapuskan saja dan tidak usah ikut dicetak. Ketika cetakan gambar Mesjid sudah selesai, hasil cetakan dapat langsung dilaser dengan memotong jendela tersebut. Dengan demikian walaupun terjadi pergeseran misalnya 0,3 mm, lubang jendela akan tetap terlihat wajar.

Sedangkan jika anda tetap mencetak garis-garis jendela pada gambar tersebut, apabila ternyata ada pergeseran, maka tidak semua garis jendela tersebut terpotong. Hasilnya akan sangat jelek karena sebagian garis jendela tetap ada dan tidak terpotong, sedangkan sebagian lagi terpotong habis.

Untuk membuat laser cut pada kertas, caranya sangat mudah, siapkan file vector, kemudian kirimkan ke email kami estimate@gustosign.com untuk mendapatkan estimasi harga.


Enhanced by Zemanta

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails