Cutting Sticker, Apa Itu?


Cutting Sticker atau Die-cut Sticker adalah kategorisasi sticker berdasarkan teknik pembuatannya. Berbeda dengan sticker biasa, sticker yang melalui proses cutting akan dipotong pada sekeliling bidang desain menggunakan alat pemotong khusus yang disebut Cutting Plotter. Meskipun biasanya cutting sticker memakai material vinyl, namun material lain seperti scotlight, glitter, chrome, dry carbon, dan sebagainya juga cocok untuk proses cutting. Kebanyakan cutting sticker memakai bahan yang tekturnya mirip plastik agar lebih tahan lama dan mudah ditempel di mana saja.

Sebuah cutting sticker terdiri dari tiga lembar bahan. Bahan pertama yaitu alas sticker untuk menempelkan sticker sebelum dipakai, kemudian lapisan kedua ialah sticker itu sendiri. Bagian paling atas dilapis oleh plastik bening yang fungsinya sama-sama menjaga sticker sebelum dipakai. Bahan perekat sticker sendiri bisa ditempatkan di balik permukaan sticker seperti sticker pada umumnya, maupun di bagian depan. Jika ditempatkan di bagian depan, sticker ini nantinya bisa ditempel di balik permukaan kaca display toko maupun mobil. Sehingga tampak jelas dari bagian luar kaca toko tersebut.


Cutting sticker sangat populer di kalangan advertising karena fungsinya tidak terbatas. Selain itu cutting sticker tahan lama serta memiliki warna-warna yang tajam. Bahan vinyl juga anti-air sehingga kemungkinan sticker rusak pun semakin kecil. 

Untuk membuat cutting sticker, sebelumnya desain harus diubah kedalam bentuk vektor terlebih dahulu. File vektor ini perlu agar desain terbaca oleh mesin potong. Setelah itu dilakukan setting agar hasil potong sempurna. Setting bisa dilakukan oleh tim desain dari workshop pilihan Anda. Karena itu jangan lupa memilih workshop yang kualitas produksinya rapi dan terpercaya. Selanjutnya, tinggal memanfaatkan sticker sesuai kebutuhan. Selamat berkarya!

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails