Acrylic Fabrication by Kevin


Warna-warni tahun 2012 belum akan berakhir saat para mahasiswa Fakultas Seni dan Desain Universitas Maranatha sibuk merumus tugas akhir kuliahnya. Memang tak seperti fakultas lain, tugas-tugas akhir Fakultas Seni selalu ditunggu. Apalagi kalau bukan karena kreatifitas out-of-the-box, inovatif dan selalu menarik yang diramu khusus oleh mereka. Seringkali, kreatifitas itu harus berbenturan dengan kapasitas produksi dan ketersediaan teknik yang ada. Syukurlah di Gusto, kami selalu mengupayakan yang terbaik bagi klien kami. 

Tugas akhir ini datang dari Kevin, seorang mahasiswa Fakultas Seni dan Desain Maranatha. Kevin memilih acrylic fabrication sebagai materi tuga akhirnya. Dipertegas warna-warni terang sebagai fokus desain. Acrylic yang dipakai adalah acrylic transparan dengan ketebalan bervariasi. Pada acrylic display, ketebalannya adalah 3mm, sedangkan untuk alasnya 5mm. Sedangkan untuk sign yang terbuat dari material sama, ketebalannya dipilih 5mm.


Untuk membuat display, masing-masing acrylic di potong dengan laser mengikuti ukuran yang diinginkan yaitu 46.5 x 6.5cm.  Setelah di potong, permukaan acrylic di cetak menggunakan teknik POM (Print on Material) supaya desain Kevin tampak jelas dan rapi. Setelah itu, barulah kaki display di pasang. 

Sedangkan untuk membuat sign atau reklame berukuran 101.5 x 120.1 cm, proses POM di terapkan terlebih dulu pada material. Baru kemudian material di potong memakai laser dengan menambahkan dua lubang di bagian atas supaya sign bisa digantung. Setelah material di potong, di belakang acrylic transparan tersebut ditempelkan cutting sticker berwarna putih untuk mendapatkan warna yang bersih. Keseluruhan teknik ini membuat sign terlihat putih datar dari kejauhan. Namun jika didekati barulah nampak kedalaman desain serta efek modern dari acrylic transparan yang nampak sekilas. Sungguh indah. Terima kasih untuk kerjasamanya, Kevin. Semoga sukses dengan tugas akhirnya.



0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails