Laser Cut MDF Canopy



Selain akrilik, material MDF (Medium Density Fiberboard) adalah salah satu material yang cukup sering kami gunakan dalam penerapan mesin laser. MDF ini merupakan perpadatan bubur kayu yang sangat halus. Beberapa keunggulan MDF adalah ikatan antar materialnya sangat kuat, permukaannya juga halus dan tidak berpori sehingga membuat proses pengerjaan tahap akhir relatif lebih cepat jika dibandingkan menggunakan jenis kayu lainnya.





Untuk saat ini MDF kerap digunakan untuk keperluan perabotan kantor ataupun semua perabotan yang berbasis pada lembaran. Di beberapa postingan terdahulu, seperti yang ini dan yang itu, kami juga menggunakan material MDF untuk pengerjaan aksesoris ruangan.

Walau tampaknya MDF memiliki banyak keunggulan, namun ada juga kelemahannya, yakni sifat MDF yang tidak tahan air dan kelembapan. Untuk itu, MDF jarang digunakan sebagai material luar ruangan.


Namun sebuah studio interior di San Fransisco mencoba untuk mematahkan kelemahan MDF dengan menggunakan material MDF yang telah di laser cutting untuk membuat sebuah kanopi pada restoran. Kanopi pada dasarnya dibuat untuk melindungi panas serta hujan. Jadi sebenarnya cukup riskan untuk menggunakan material MDF yang konon tidak tahan air sebagai material dasar sebuah kanopi.



Studio interior  ternyata menggunakan material MDF Waterproof yang kini mulai banyak diproduksi. Kanopi restoran Wexler's ini juga dibuat menyambung ke dalam interior ruangan, tepatnya di langit-langit ruangan. Menghasilkan sebuah rangkaian instalasi yang menakjubkan. 




Anda dapat membaca wawancara lebih lanjut dengan studio Aidlin Darling mengenai project Kanopi ini disini. 

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails