Visual Unik melalui 3D Puzzle



3D Puzzle adalah salah satu tipe dari permainan puzzle yang selama ini kita kenal. Namun tidak seperti puzzle pada umumnya yang diperuntukkan bagi anak-anak, 3D puzzle lebih sesuai untuk umur 12 tahun ke atas mengingat konstruksinya yang lebih rumit.

Keunggulan 3D Puzzle adalah hasil akhirnya dalam bentuk visual yang menyerupai bentuk sesungguhnya.


3D Puzzle terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan berbeda-beda bentuknya. Bagian-bagian ini bisa dihasilkan menggunakan pisau pond (die-cut), namun seringkali teknik die-cut akan memakan waktu lama. Belum lagi hasil akhir yang tidak presisi.

Oleh karena itu, penggunaan mesin laser untuk 3D Puzzle sangat disarankan untuk efisiensi waktu dan hasil yang maksimal. Untuk material yang lazim digunakan untuk membuat 3D puzzle adalah cardboard (bahan sejenis kardus).

Kami baru mencoba membuat 3D Puzzle ini sebagai dekorasi pada booth kami di acara Fold Magazine tempo hari. Di percobaan pertama ini, kami membuat 3D Puzzle berbentuk harimau.



Walaupun penampakannya terlihat cukup rumit, namun dalam membuat desain untuk laser cut puzzle 3D sebenarnya cukup mudah. Sudah banyak plugin software yang dapat mendukung pola gambar untuk puzzle 3D yang dilaser cut.


Salah satunya yakni Slicemodeler dan SVG Outline plugin. Dua pluggin ini bisa membantu dalam mewujudkan pola desain 3D dan otomatis akan langsung memecah ke beberapa bagian yang akan dilaser cut.



Kita hanya memasukkan beberapa ukuran yang diperlukan, lalu software akan mengkalkulasi dengan sendirinya agar setiap bagian yang akan dipotong memiliki ukuran yang tepat.

Untuk ke depannya, kami akan mencoba untuk membuat 3D puzzle dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan ukuran yang lebih kecil, 3D puzzle ini bisa menjadi elemen dekoratif yang unik yang dapat ditaruh di atas meja ataupun lemari hias.



*image software serta foto pertama dan terakhir dalam postingan ini diambil dari blog Ponoko.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails