Laser Cut untuk Pembuatan Maket


Laser cut architectural model by Joris HeitkampImage by CabFabLab via Flick

Mesin laser cutting dapat memotong beberapa macam material yang umum digunakan untuk membuat maket (architectural modeling). Dengan menggunakan laser cutting, hasil potongannya akan akurat dan sangat mempersingkat waktu dalam pembuatan maket. Selain itu banyak potongan yang rumit dapat anda selesaikan dengan bantuan mesin laser cutting.

Maket dan topography pada umumnya dibuat dengan menggunakan material-material yang tipis seperti karton/board, dupleks, kayu atau acrylic.


Laser cut architectural model by Joris Heitkamp                                                        Image by CabFabLab via Flic

Karena itu mesin laser yang dibutuhkan umumnya adalah mesin laser dengan power berada di bawah 60 watt. Ukuran mesin laser yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, tergantung pada ukuran maket yang akan dibuat. Umumnya mesin dengan lebar di bawah 90 cm sudah memadai.

Laser cutting dapat mempercepat pekerjaan karena file yang sudah dibuat dalam format autoCAD dapat langsung di edit menjadi file cutting. untuk kemudian langsung dibuka dengan program laser cutting.

Anda hanya perlu mengedit garis-garis sesuai dengan peruntukan (warna garis untuk potong, gores, maupun gravir), mempersiapkan material dan sisanya diserahkan kepada mesin laser cutting.

Architectural model by Wais WardakImage by CabFabLab via Flickr


Setelah seluruh potongan selesai dilaser, Anda tinggal merakit potongan tersebut. Selain untuk memotong bagian dinding, laser juga sering digunakan untuk memotong bagian-bagian yang berulang (atap, kusen jendela, bagian-bagian dari kursi), serta ornamen rumit yang tidak dapat dikerjakan secara manual (ukiran, tekstur, dll).

Hitunglah berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk menggambar, memotong, dan merakit. Apabila Anda mengerjakan secara manual, Anda masih harus memindahkan gambar di komputer ke bahan. Berarti Anda mengukur ulang seluruhnya.

Setelah itu memotong dengan menggunakan cutter. Memotong material yang tebal dengan pisau cutter membutuhkan pengulangan. Belum lagi resiko gagal atau salah potong yang mengakibatkan Anda harus mengulang lagi dari awal.

Apabila Anda merasa bahwa laser cutting dapat menghemat waktu anda, namun mesin laser masih terlalu mahal, pertimbangkanlah untuk menggunakan penyedia jasa laser cutting. Anda dapat mencoba menghubungi gusto sign.
Enhanced by Zemanta

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails