Laser Cutting - Membeli Mesin Laser

Investasi untuk membeli mesin laser memang tidak murah. Hal-hal yang dapat mempengaruhi harga mesin laser dapat dilihat disini, atau saya jelaskan secara ringkas di bawah ini:


Produsen mesin laser
Jenis dan sistem mesin laser
Kekuatan mesin laser
Ukuran mesin laser
Variasi material yang dapat dikerjakan
Biaya perawatan
After sales service
Masalah apa saja yang sering muncul?

Mesin laser terbaik adalah mesin laser yang benar-benar memadai dan cocok untuk pekerjaan anda. Belum tentu mesin yang cocok adalah yang paling besar, mungkin ukuran setengah tripleks sudah mencukupi. Pikirkan kembali material apa yang banyak anda kerjakan, jika anda banyak mengerjakan material kertas, maka anda tidak membutuhkan mesin laser yang dapat memotong kayu tebal.

Harga mesin laser berukuran sedang di Indonesia (2011) bervariasi antara 60 juta rupiah hingga 300 juta rupiah (bahkan ada juga yang lebih). Jika anda membeli langsung ke produsen mesin laser, metode pembayaran untuk mesin-mesin Eropa, umumnya pelunasan dilakukan di awal, dan masih ada lagi tambahan pengiriman serta pajak untuk masuk ke Indonesia. Jika anda dapat membelinya melalui distributor di Indonesia, maka anda dapat menegosiasikan sistem pembayaran yang umum mereka lakukan dan seperti apa yang anda inginkan. Mungkin anda masih mendapatkan jalan tengah.

Untuk mencari harga yang cukup murah, pelajarilah mesin yang anda inginkan baik melalui brosur, pameran, maupun website. Terkadang beberapa distributor juga memiliki mesin yang dapat anda lihat dan coba, mungkin ditaruh di gudang maupun di kantornya. Anda dapat membuat janji untuk bertemu dengan sales mesin laser, sambil melihat langsung kemampuan mesin laser yang ditawarkan.

Setelah anda memiliki tabungan sesuai harga mesin yang anda inginkan, pergilah ke pameran-pameran mesin (dimana distributor mesin yang anda inginkan turut buka stand di sana). Negosiasi dan deal pada saat pameran dapat memberikan anda potongan harga yang cukup besar serta mungkin ada tambahan bonus lainnya jika anda membeli mesin pada saat pameran berlangsung.

Jika anda membutuhkan lembaga pembiayaan, perlu anda ketahui bahwa mesin laser termasuk ke dalam kategori mesin yang masih belum umum digunakan pada saat tulisan ini dibuat. Karena itu anda juga harus dapat meyakinkan perusahaan leasing akan rencana usaha anda ketika mencari pembiayaan mesin.

Harga mesin yang tidak murah, membutuhkan perhitungan terlebih dahulu, apakah pekerjaan anda benar-benar membutuhkan mesin laser sehingga bisa balik modal dalam waktu sesingkat-singkatnya, atau kebutuhan laser anda masih dapat terpenuhi melalui para penyedia jasa laser cutting?

Apabila menurut anda harga mesin laser masih terlalu mahal dan penggunaannya tidak akan maksimal, anda dapat coba menghubungi penyedia jasa laser di gusto sign dengan mengirimkan email ke: estimate@gustosign.com atau cek websitenya di www.gustosign.com.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails