Tips-tips untuk Pemesanan Laser Cutting

Ada banyak produk yang dapat dibuat dengan bantuan mesin laser cutting. Jika Anda tidak memiliki mesin laser, Anda tetap dapat mengerjakan proses laser cutting di tempat-tempat penyedia jasa laser cut, misalnya gusto sign.

Ingin pesanan Anda selesai dengan sempurna dan mendapatkan harga yang terbaik? Coba simak beberapa tips di bawah ini:

Ukuran File
Ukuran File tidak lebih besar dari 10mb. Apabila ternyata lebih besar, sebaiknya dibagi ke dalam dua file agar program laser dapat berjalan tanpa masalah.

Memotong (Cutting) & Menggores (Marking)


Jenis File
File harus berupa file vector (Adobe Illustrator atau Corel Draw, file PDF vector, maupun .eps).
























Double-lines
Pastikan bahwa tidak ada double-lines/garis yang bertumpuk. Program akan membaca garis yang bertumpuk dan melakukan laser berulang kali sesuai dengan jumlah garis potong. Sehingga mengakibatkan potongan tidak presisi dan harga bertambah mahal akibat waktu potong bertambah.

Garis potong
Seluruh garis yang tidak diinginkan harus dihapus dan seluruh garis potong harus tersambung/tidak terpatah-patah. Jika garis tidak tersambung, akan menghasilkan hasil potong yang tidak sempurna, bahkan dapat menimbulkan cacat.

Ketebalan garis potong harus diubah ke hairline. Karena garis yang besar tidak terbaca oleh program laser.

Warna garis
Ubahlah warna garis ke dalam warna-warna berikut:
Warna MERAH untuk Memotong (Cutting)
Warna BIRU untuk Menggores Tebal (Marking)
Warna HIJAU untuk Menggores Tipis (Marking)
Warna HITAM 25% untuk Gravir/Etsa Tipis (Engraving)
Warna HITAM 50% untuk Gravir/Etsa Sedang (Engraving)
Warna HITAM 100% untuk Gravir/Etsa Tebal (Engraving)

Teks/Tulisan/Text
Ubah teks tulisan ke outlines/curves untuk menghindari missing font. Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengejaan.

Gravir/Etsa (Engraving)
File bisa berupa file vector maupun bitmap (.jpg, .jpeg, .tiff) dengan resolusi minimal 300 dpi.

Perhitungan Harga
Pada umumnya, perhitungan harga laser ditentukan dari waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan laser. Anda bisa membawa material sendiri, sedangkan material yang umum digunakan biasanya dapat langsung anda beli di tempat penyedia jasa laser.

Faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap waktu pengerjaan dan harga:

Ketebalan material yang akan dipotong
Semakin tebal material maka kecepatan akan semakin turun (kalau terlalu cepat, material tidak akan terpotong) sehingga akan semakin lama waktu potongnya.

Panjang garis potong atau gores/luas area gravir
Semakin panjang garis potong atau gores, dan semakin luas area gravir, maka waktu yang dibutuhkan untuk memotong/menggores/gravir.

Kerumitan gambar
Laser memotong garis lurus lebih cepat daripada garis yang melingkar. Karena itu jika suatu gambar memiliki banyak sekali garis-garis yang melingkar, waktu yang diperlukan untuk memotongnya akan bertambah lama. Pattern yang banyak juga akan sangat berpengaruh pada panjang total garis potong dan waktu kerja.

Kedalaman gravir
Untuk mencapai gravir yang dalam, dibutuhkan lebih dari satu kali gravir. Untuk mencapai kedalaman 1 mm pada acrylic misalnya, dibutuhkan 2 hingga 3 kali gravir, sehingga waktu kerja bisa berlipat 2 hingga 3 kali. Pengulangan ini juga tergantung pada tingkat kekerasan material, semakin keras material maka semakin banyak pengulangannya.

Jumlah pesanan
Semakin banyak jumlah pesanan, berarti semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan file dan material. Karena itu kami memberikan potongan harga yang besarnya disesuaikan dengan jumlah pesanan.

Untuk mengetahui bahan-bahan yang dapat dipotong klik di sini.

Jika Anda memiliki desain yang ingin dipotong/gores/gravir dan membutuhkan estimasi harga, kirimkan desain anda dalam bentuk vector (untuk potong/gores) dan bitmap (untuk gravir) ke estimate@gustosign.com.

3 Comments:

  1. What a fantabulous post this has been. Never seen this kind of useful post. I am grateful to you and expect more number of posts like these. Thank you very much. partisi kantor

  2. artikelnya bagus pak jasa laser cutting yang paling bagus memang cuma web bapak.

  3. I'm  here to share my testimony of what a good trusted loan company did for me. My name is Nikita Tanya, from Russian and I’m a lovely mother of 3 kids I lost my funds on trying to get a loan it was so hard for me and my children, I went online to seek for a loan assistance  all hope was lost until one faithful day when I met this friend of mine who recently secured a loan from Le_Meridian Funding Service She introduced me to this honest loan company who helped me get a loan in within 5 working days, I will forever be grateful to Mr Benjamin, for helping me get back on feet again. You can contact Mr Benjamin via email: lfdsloans@lemeridianfds.com, they do not know I’m doing this for them, but i just have to do it because a lot of people are out there who are in need of a loan assistance  please come to this company and be saved.WhatsApp:(+1 989-394-3740)

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails