(Artist/Designer Spotlight) Manuel Heischel


Manuel Heischel ialah seorang seniman grafis asal Erfurt, Jerman namun telah tinggal di Indonesia kurang lebih 4 tahun ini. Awalnya ia hanyalah seorang mahasiswa pertukaran pelajar. Namun seiring waktu, ia jatuh cinta dengan Indonesia dan memutuskan untuk menetap sembari menuntut ilmu pasca sarjana di fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.



Karena ketertarikannya dengan dunia mainan yang begitu besar, Manuel lalu menciptakan karakter mainannya sendiri yang ia beri nama Cik Cuk Dunia Fantasi yang menampilkan konsep perpaduan dari dunia barat dan timur, khususnya dari Indonesia.




Karakter Cik Cuk Dunia Fantasi ini sudah banyak ia aplikasikan ke berbagai bidang, mulai dari ilustrasi, animasi, desain produk hingga arsitektur.
  

Dan beberapa waktu lalu, Manuel datang ke Gusto dengan membawa karakter Cik Cuk ini yang akan ia sertakan pada sebuah eksibisi toy art di Sao Paulo, Brasil. 

Eksibisi tersebut diselenggarakan oleh MuBe (Museu Brasileiro da Escultura), salah satu museum kesenian terbaik yang ada di Brasil. Museum ini mengundang berbagai seniman dan desainer mainan dari seluruh dunia untuk memodifikasi satu dari tiga set paper toys yang sudah disiapkan. 




Eksibisi berlangsung dari tanggal 15 Januari hingga 30 Januari 2011. Diikuti oleh 359 seniman dari berbagai negara. Semua karya yang ada juga akan menjadi koleksi permanen dari museum.



Untuk eksebisi ini, Manuel membuat figur Cik Cuk dengan menggunakan material akrilik yang terdiri dari beberapa warna yang masing-masing mewakili CMYK. Figur Cik Cuk kali ini didesain menyerupai 3D Puzzle, yang masing-masing bagiannya dapat dipasang dan dipisah sendiri.

Yang kerap menjadi masalah jika mengerjakan produk semacam 3D Puzzle adalah ukuran dari masing-masing bagian harus sangat akurat. Karena jika tidak, figur tidak akan terpasang dengan kokoh. Namun syukurlah, semua berjalan lancar. Ukuran yang ada sangat tepat dan tidak ada masalah yang berarti saat pengerjaan karya ini.


Beberapa bagian pada set figur ini, Manuel menambahkan beberapa elemen khas dari Cik Cuk, antara lain bentuk segitiga, muka, spike dan Cik Cuk Bubble.



 



 

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails