Berapa Harga Jasa Laser Cutting?

Jasa laser cutting adalah jasa pemotongan atau gravir dengan menggunakan mesin laser cutting. Mesin laser cutting memfokuskan energi laser sehingga dapat menembus material dan memotongnya. Sedangkan gravir hanya memfokuskan energi laser pada permukaan material, dan meninggalkan jejak pada material yang digravirnya. Untuk apa saja yang dapat dilakukan mesin laser cutting selengkapnya.

Dengan menggunakan laser cutting, banyak pola potong yang sebelumnya terlalu rumit dan tidak mungkin dibuat, kini dapat dibuat dengan mudah. Aneka material dapat dipotong dan digravir dengan menggunakan laser cutting, untuk membuat beragam produk yang kita pakai dan gunakan setiap hari.



Jika anda memiliki mesin laser cutting, ada banyak faktor yang diperhitungkan dalam menentukan harga jasa laser, antara lain:



Harga mesin laser
Apakah anda membeli mesin tersebut secara tunai atau cicilan. Anda perlu menghitung berapa keuntungan yang anda inginkan dari investasi terhadap mesin. Apabila ternyata keuntungannya terlalu kecil, anda harus memikirkan ulang rencana yang telah anda buat.

Sewa tempat
Tempat menentukan usaha anda, semakin strategis tempat anda, maka semakin mudah konsumen untuk mencapai tempat anda. Namun tempat yang lebih strategis pada umumnya juga lebih mahal harganya.

Penggunaan listrik
Semakin besar power mesin anda, listrik yang digunakan juga semakin banyak. Apabila anda menggunakan mesin laser berukuran besar, biaya listrik bisa mencapai jutaan rupiah setiap bulan.

Upah operator mesin
Apakah anda akan menjalankan mesin sendiri? Atau anda membutuhkan bantuan operator mesin? Apakah anda menjalankan satu shift kerja atau dua shift? Jika anda memutuskan untuk menjalankan mesin dalam dua shift per-hari, maka anda membutuhkan bantuan minimal sat u atau dua orang operator mesin.

Tabung laser
Tabung apa yang digunakan oleh mesin laser anda dan berapa jam kerja yang dapat dijalankan oleh tabung tersebut? Harga dan isi tabung laser sangat bervariasi pada setiap produsen mesin laser. Anda harus memperhitungkan biaya tabung karena pada umumnya harga tabung laser cukup mahal antara jutaan rupiah hinga puluhan juta rupiah.

Perawatan
Apakah mesin anda membutuhkan perawatan rutin? Jika iya, berapa biayanya? Perawatan yang diperlukan antara lain kebersihan dan pelumasan rel, kebersihan lensa mesin laser, pendingin/chiller mesin, pengecekan setting mesin secara berkala untuk memastikan mesin siap untuk bekerja, dll.

PromosiBerapa biaya promosi yang akan anda sisihkan setiap bulan? Karena tanpa rencana promosi yang tepat, biaya anda akan sia-sia. Dan tanpa promosi, anda tidak akan dikenal oleh para calon pelanggan anda.
Asuransi
Apakah mesin tersebut diasuransikan? Berapa biaya asuransinya?

Biaya operasional lainnya
Semua biaya di luar biaya di atas.

Setelah menghitung semuanya, anda dapat menentukan berapa keuntungan yang ingin anda capai. Berapa lama mesin tersebut akan balik modal? Jika anda menentukan bahwa mesin harus sudah balik modal dalam waktu 2 tahun, maka kemudian bagi seluruh biaya+keuntungan dengan jumlah jam kerja dalam satuan waktu 2 tahun. Anda akan mendapatkan harga per-jam.

Harga per-jam ini dapat anda konversikan ke dalam satuan menit untuk mendapatkan harga per-menit. Setelah mendapatkan harga per-menit, tugas anda masih belum selesai, lanjutkan dengan menghitung waktu untuk setting. Waktu setting adalah waktu dimana anda mempersiapkan material pada "meja kerja" mesin laser dan mencari setting yang tepat untuk material tersebut.

Semakin sulit material tersebut untuk diatur, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan. Terkadang cukup hanya dalam hitungan detik, namun tidak jarang dibutuhkan waktu hingga setengah jam bahkan lebih, untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Selain itu masih ada lagi faktor resiko, berapa besar kemungkinan laser akan menimbulkan kegagalan? Jika mesin laser anda membuat kegagalan, berarti ada listrik, jam kerja, serta energi laser yang terbuang percuma.

Jika anda telah menghitung seluruh faktor tersebut di atas, anda dapat menentukan harga jasa untuk laser cutting dalam satuan menit. Apabila anda tidak memiliki mesin laser cutting namun tertarik untuk mengerjakan suatu produk dengan laser cutting, jangan khawatir! Anda dapat menghubungi kami untuk mengerjakan kebutuhan laser anda. Hubungi kami melalui estimate@gustosign.com atau cek website kami terlebih dahulu di www.gustosign.com.

1 Comment:

  1. Salam Sukses,

    Butuh penawaran mesin cutting dan cnc terbaik dengan kualitas yang terjamin?

    Hubungi saya di leni91diana@gmail.com
    saya akan menghubungi kembali dan menjawab semua pertanyaan bapak/ibu sekalian.

    BUKAN SEKEDAR MENAWARKAN TAPI MEMBERIKAN SOLUSI YANG TERBAIK UNTUK KEBUTUHAN ANDA..

    Terima Kasih.

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails