Laser Engraving dan Print on Material Pada Instrumen dan Produk Musikal

Instrumen musik standar (seperti piano, gitar, bas) pada umumnya terbuat dari material kayu. Pemilihan kayu untuk instrumen musik pun tidak terlepas dari resonansi getaran yang konon di antara material instrumen musik lainnya kayu menghasilkan resonansi atau getaran paling bagus.

Material kayu juga material yang mudah jika diproses melalui teknologi laser cutting/engraving. Dan untuk instrumen musikal, penggunaan teknologi laser juga dapat diterapkan. Paling umum yaitu engrave nama merk di permukaan kayu.

Seperti instrumen musik yang bernama Cajon ini.





Instrumen musik cajon adalah sebuah perkusi berbentuk box yang terdiri lembaran plywood. Cajon yang dalam bahasa Spanyol memiliki arti kotak. Cajon ini adalah perkusi yang menampilkan suara snare dan juga bas drum dalam satu tempat.

Kami menggravir logo dan juga tulisan di permukaan kayu Cajon buatan salah satu produsen lokal cajon di Bandung yang bernama Kotak. 




Selain itu, kami juga pernah melaser cutting dan juga menggravir produk musikal berupa pick gitar yang juga terbuat dari material kayu. Yang kami gravir juga berupa merk dari pembuat pick tersebut.




Sementara itu, teknologi print on material juga dapat diterapkan untuk instrumen musik. Contohnya seperti gitar di bawah ini. Waktu itu kami menerima pemesanan untuk mencetak langsung di atas permukaan gitar.

Walaupun sebenarnya print pada permukaan yang tidak rata seperti gitar ini cukup beresiko. Karena tinta kemungkinan akan tidak merata. Tapi setelah beberapa kali percobaan, hasilnya memuaskan.




Pada akhirnya, semua produk dan instrumen musik yang mendapat penerapan teknologi laser cut dan print on material akan terlibat unik dan tidak biasa.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails