Prasasti Peresmian Gedung dan Fasilitas



foto atas: prasasti peresmian
Lapangan Bina Turangga Jurit
foto bawah: perhatikan warna batu sesungguhnya
pada tanda-tangan, sebelum di fill in cat (foto milik Gusto)

Peresmian suatu gedung baru atau fasilitas, seringkali dilakukan dengan meriah karena peresmian gedung atau fasilitas memiliki arti yang besar bagi perusahaan, institusi maupun yayasan tertentu. Pada umumnya puncak acara di setiap peresmian gedung adalah penandatanganan prasasti peresmian.

Prasasti ini terbuat dari granit maupun marmer. Karena kami juga kurang paham mengenai batu-batuan, maka sebaiknya setiap bahan batuan yang ingin dilaser di test terlebih dahulu. Hanya dibutuhkan ukuran kecil untuk melakukan test, minimal sekitar 5 x 5 cm.




Dengan melakukan test terlebih dahulu, kami akan mengetahui apakah batu tersebut dapat digravir, dan seperti apa hasilnya. Kami juga pernah membuat prasasti untuk SMU Santo Aloysius, yang terletak di Jl. Sultan Agung, Bandung.


tulisan/gambar yang disiapkan
dalam file Corel Draw

Untuk pembuatan prasasti, selain dibutuhkan sample batu yang akan digunakan, kami juga membutuhkan file tulisan, gambar atau foto yang akan digravir pada batu tersebut. Serta posisi tulisan/gambar/foto tersebut sesuai dengan ukuran batu yang telah dipotong. Ingat bahwa kami tidak dapat memotong batu dengan laser, namun hanya dapat menerakan gravir pada batu tersebut.

Setelah peresmian berakhir dan penandatanganan dilakukan, maka prasasti tersebut akan dibawa lagi kepada kami, untuk membuat laser tanda tangan. Tanda tangan akan kami foto untuk di trace. Setelah membuat file tanda tangan selanjutnya prasasti kami letakkan pada meja laser untuk kemudian digravir.

Untuk batu-batu berwarna cerah, tulisan akan kami fill-in/isi dengan cat berwarna gelap. Sedangkan batu-batu yang memiliki warna gelap, tulisannya akan kami fill-in dengan cat berwarna terang.


foto atas; setelah persemian, prasasti ditandatangani
foto bawah; kami memotret dan men-tracing tanda tangan,
untuk membuat file laser engraving. setelah dilaser,
tanda tangan akan di fill in dengan cat warna emas









2 Comments:

  1. Cara pesannya hubungi kmana ?

  2. Cara pesannya hubungi kmana ?

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails