Laser Cutting dan Laser Engraving untuk Fabrics

Bahan kain merupakan salah satu material yang sudah banyak digunakan untuk bereksperimen dalam dunia fashion. Selain kain, laser cutting juga dapat digunakan untuk memotong dan menggravir material kulit, baik imitasi maupun kulit asli. Ada beberapa jenis kain yang cocok untuk dilaser dan ada juga yang tidak.



Ketika laser memotong, ia akan mengeluarkan energi panas yang dapat membakar material. Ada jenis kain yang dapat menoleransi panas, namun ada juga yang tidak dapat. Kain-kain yang tidak tahan terhadap panas akan terbakar lebih banyak dan meninggalkan noda gosong yang tak dapat dihilangkan. Ada juga kain dengan campuran plastik yang membuat hasil potong berupa lelehan plastik di sekeliling garis potong.


Karena itu penting bagi Anda untuk memeriksa jenis kain yang akan digunakan, apakah kain tersebut akan terpotong dengan sempurna atau tidak. Jika hasil potong sangat jelek, maka Anda harus memilih material kain lain sebagai penggantinya.

Kain jeans merupakan salah satu jenis kain yang dapat dipotong dengan mesin laser namun tidak disarankan karena hasil potongan akan berserabut dan akan mudah hancur. Kain Jeans akan menghasilkan kontras yang cukup bagus apabila laser engraving. Hasil gravir akan tampak lebih putih (atau agak putih-kekuningan, tergantung jenis jeans).




0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails