Gusto Sign Goes To Campus: ITB

Pada Senin pagi, 28/11, kami di Gusto Sign mendapat kesempatan untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai cara-cara produksi di Gusto kepada teman-teman yang sedang menempuh tahun kedua di DKV ITB.


Acara sharing ini dibuka dengan perkenalan tentang apa saja yang dapat dikerjakan di Gusto. Perkenalan dibuka melalui media slide serta pemutaran beberapa film yang menunjukkan proses kerja mesin-mesin yang ada di Gusto.

Setelah pengenalan mesin, kami menunjukkan macam-macam material yang dapat diproses dengan beragam mesin tersebut. Antara lain acrylic, komatex, hingga mulipleks, kulit, denim, dan d-board.
Fokus utama kami adalah memperkenalkan laser cutting dan engraving, untuk memproses material-material tersebut hingga menjadi produk jadi. Serta perkembangan teknologi laser sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia, hingga semakin banyak teknologi baru yang membawa desain dengan laser ke tahap lebih tinggi.

Merupakan tantangan tersendiri bagi seorang desainer untuk dapat memaksimalkan campur tangan teknologi produksi terhadap karyanya. Desain dan teknologi harus dapat selalu berjalan beriringan, karena masing-masing tidak dapat berdiri sendiri. Misalnya masalah kecepatan laser. Mesin laser generasi awal bisa menghabiskan waktu yang sangat lama jika dibandingkan mesin laser generasi baru. Peningkatan terhadap kecepatan saja dapat mencapai 4 hingga 5 kali.
Demikian pula dengan ketebalan bahan yang dapat dipotong. Dengan mesin laser yang digunakan oleh Gusto, kami dapat memotong bahan hingga ketebalan 3-4 cm.


Video tentang proses kerja mesin di Gusto Sign
Dalam video ini digambarkan proses pemotongan laser pada material acrylic setebal 1cm

Pengenalan tahapan produksi menjadi sangat penting sebagai bekal seorang mahasiswa di kemudian hari. Ini karena wawasan yang mereka miliki dapat membantu mereka mencari solusi untuk menyelesaikan aneka project yang akan mereka hadapi nanti.

Pada slide-slide akhir, kami menampilkan beberapa project laser yang pernah kami kerjakan bersama klien-klien kami. Dan sebagai penutup, kami juga memutarkan film animasi Laboratori de Fabricació yang bercerita mengenai masa depan fabrication.

Kami sangat senang dengan antusiasme para mahasiswa yang silih berganti mengajukan pertanyaan-pertanyaan baik bersifat konsep maupun teknis. Misalnya pertanyaan mengenai ukuran material yang dapat kami proses di mesin laser, mencapai 2x3 meter. Atau persiapan file, serta apa saja yang harus diperhatikan
ketika membuat file agar siap langsung diproduksi.


Akhir kata, terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Gusto Sign untuk dapat berpartisipasi dalam dunia desain sekaligus pendidikan melalui kerjasama di bidang produksi. Kami sangat senang melihat begitu banyak bakat kreatif serta semangat berkarya yang tinggi di kalangan anak muda kini.

Film animasi "Laboratori de Fabricació"

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails