On Campus: Parang Patterned Lamp by Kurniawan Gunadi


Karya diatas dibuat oleh Kurniawan Gunadi, seorang mahasiswa Desain Produk ITB yang baru-baru ini magang di Gusto Sign. Melalui karya ini Gunadi ingin memadukan unsur kebudayaan lokal Indonesia kedalam kehidupan modern masa kini.
Karena itu Gunadi memilih kayu. Kayu dianggap mewakili citra tradisional Indonesia. Terutama dengan pemilihan kayu Sonokeling yang keras dan berwarna gelap, dengan garis-garis serat menarik ketika diolah sebagai motif produk.

Selain kayu sebagai aspek dekoratif, Gunadi juga menggunakan acrylic sebagai wadah lampu. Acrylic yang dipilih adalah acrylic putih susu berukuran 100x200 mm. Sedangkan pola yang dipilih sebagai unsur etnis ialah pola batik parang khas Jogjakarta, yang dimodifikasi dengan mengambil bentuk geometri utama dari pola tersebut.
Proses pembuatan lampu ini dimulai dari sejak Gunadi menentukan pola yang akan dipilih, kemudian membuat sketsa desain awal. Setelah sketsa jadi, barulah sketsa dipindahkan ke dalam bentuk vektor dengan menggunakan CorelDraw. Di sini desain awal diperluas menajadi gambar kerja, sekaligus menentukan ukuran dan skala yang diinginkan. Perhitungan ukuran secara lengkap dan presisi sangat penting untuk mempermudah proses produksi di mesin laser. Hal ini juga dapat menghindari kesalahan produksi.
Setelah desain selesai dibuat, proses selanjutnya adalah menghaluskan material kayu. Kemudian melakukan uji coba produksi di mesin laser Gusto. Jika proses uji coba sudah dinyatakan berhasil maka revisi tidak lagi diperlukan. Setelah itu barulah material dipotong dan digrafir dengan laser. Kemudian dirakit menjadi produk jadi. Untuk menghasilkan produk yang sempurna, diperlukan eksekusi yang matang dan teliti.  

Video Proses Laser Cutting Pola pada Kayu:

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails