Book Cover with Hollow Ornament




Akhir bulan lalu kami mendapat pesanan dari Satu Imaji, sebuah rumah desain dengan slogan “I Will Not Be a Designer, I Will Be a Legend.” Rumah desain yang lingkup kerjanya bervariasi dari mulai Desain Grafis, Fotografi hingga Produksi ini berlokasi di Jl. Bambu Apus Raya, Jakarta. Beberapa hasil karyanya mencakup desain logo, desain kalender, hingga brand image.

Karya desain Satu Imaji yang terbaru melibatkan KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) sebagai tokoh utama. Seperti biasa, di akhir tahun KPK akan membuat buku Laporan Tahunan sebagai bahan evaluasi.  Agar buku tampil menarik sekaligus profesional, Satu Imaji mendesain sampulnya dengan berbagai elemen. 

Pada sampul pertama yang berwarna merah, laser digunakan untuk memotong bentuk ornamen khas KPK. Ornamen tersebut dipotong diatas pola warna emas yang sudah dicetak sebelumnya. Oleh Satu Imaji, di bawah sampul merah dilampirkan lagi sebuah kertas dengan ornamen yang sama berwarna emas. Sehingga saat buku tertutup ornamen terlihat utuh, sedangkan saat dibuka barulah terlihat pola yang sesungguhnya.
Kesulitan dalam mengeksekusi desain seperti ini adalah posisi sinar laser harus diatur sedemikian rupa hingga benar-benar presisi. Terkadang kesalahan pengukuran beberapa milimeter saja dapat membuat hasilnya kurang baik dan saling tumpang tindih antara pola dengan hasil potong. Akibatnya saat buku ditutup, pola tersebut terlihat tidak rata dan miring.
Sampul buku Laporan Tahunan yang kedua berwarna dasar hitam aksen hologram yang membuat permukaannya nampak berkilau. Untuk desain ini Satu Imaji memberikan hasil cetak sampul yang telah jadi lengkap dengan tulisan dan latar logo warna merah. Tugas Gusto adalah membuat ornamen khas KPK menggunakan laser cutting. Seperti sebelumnya, laser diaplikasikan diatas pola yang telah dicetak. Meski ukuran ornamen lebih kecil dari sebelumnya namun kami berhasil mengaplikasikan laser dengan presisi, tepat di tengah-tengah pola.
Ketika proses laser sudah rampung, masing-masing sampul dibawa kembali ke rumah desain untuk dirangkai bersama material isi. Beberapa waktu lalu, Rumah Desain Satu Imaji mengirimkan foto buku laporan yang telah jadi, diiringi ucapan terima kasih kepada Gusto atas hasil pekerjaan yang memuaskan. Dalam email tersebut, Satu Imaji menyatakan keberadaan Gusto Sign membuat “Jadi gak takut punya ide..Tx Gusto Sign.” Terima kasih kembali Satu Imaji, kami nantikan pesanan-pesanan berikutnya.

Untuk melihat desain Satu Imaji lainnya silakan kunjungi halaman Facebook dan Website Satu Imaji.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails