Wayfinding System RS Maranatha


Menurut psikolog lingkungan Romedi Passini, Wayfinding adalah cara untuk menemukan arah, petunjuk maupun tujuan dalam sebuah bangunan atau tempat. Dengan demikian, papan petunjuk, signage dan kawan-kawannya dapat dikatakan sebagai wayfinding system.

Dalam kehidupan sehari-hari, wayfinding ini dapat ditemukan di berbagai ruang publik. Seperti mal, taman bermain, hotel, kebun binatang dan sebagainya. Kebanyakan wayfinding menunjukkan arah sebuah area, peta atau bahkan rute penyelamatan diri jika keadaan darurat terjadi.

Sudah banyak proyek wayfinding system yang kami kerjakan. Salah satu yang paling baru adalah wayfinding system Rumah Sakit Maranatha.


Untuk Rumah Sakit ini kami menggunakan material akrilik bening dengan ketebalan 10mm. Gambar desain kemudian diterapkan pada akrilik menggunakan teknik print-on-material. Melalui teknik ini, gambar dicetak di bagian belakang akrilik secara terbalik. Disebut juga sebagai “mirroring” atau mengikuti cermin. Tujuannya supaya ketika akrilik dipasang, gambar dapat tampil sesuai desain dan tulisannya mudah dibaca.
Proses selanjutnya adalah memasang pen iklan di keempat sudut akrilik untuk mempermudah proses pemasangan. Di bagian bawah akrilik juga dilapisi stainless sebagai penunjuk lantai. Untuk menuliskan nomor lantai pada stainless digunakan laser etching dengan filling tinta hitam.

Untuk proyek ini kami dipercaya mengerjakan seluruh sistem wayfinding dalam gedung. Mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar. Ada beberapa sign yang penempatannya mengalami perubahan atau desain. Tetapi akhirnya seluruh sign dapat terpasang dengan sempurna dan tepat sasaran. Terima kasih Universitas Kristen Maranatha atas kepercayaannya pada kami. Semoga kami dapat memberikan yang terbaik juga di masa mendatang.


0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails