Impian Magdalena Untuk Indonesia



Seniman lulusan Institut Kesenian Jakarta, Rotua Magdalena P. Agung yang juga pendiri dari kelompok kreatif Kama Artwork belum lama ini kembali tampil dalam solo exhibitionnya yang keenam. Kali ini bertempat di Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia. Diselenggarakan pada tanggal 12 Maret hingga 21 Maret 2009.

Pada pamerannya yang bertajuk Impianku Untuk Indonesia Kreatif, ia menampilkan karya-karyanya dalam bentuk projek ruang artistik yang menggabungkan seni murni, desain, kriya dan teknologi.

Pada pameran ini, Gusto Sign turut membantu pengerjaan beberapa karyanya dengan teknologi laser cutting dan engraving yang kami miliki.





Simak perbincangan singkat kami dengan ibu Magdalena mengenai pamerannya kali ini.


Apa tema besar dari pameran kali ini?

Mimpiku untuk Indonesia kreatif. Pameran ini adalah sebuah bentuk kecintaan saya terhadap Indonesia dan keinginan saya untuk mengembangkan budaya lokal yang tercermin dari hasil karya seni. Saya yakin bahwa produk Indonesia tidak kalah dengan produk dari luar negeri asalkan kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan menghargai produk Indonesia.

Menurut ibu Magda, apa keunggulan kesenian tradisional negeri ini yang tidak dimiliki oleh kesenian tradisional Negara lain?

Keunggulannya dalam keragaman budaya dari ribuan pulau Indonesia dengan kekayaan ragam budaya dan ornamentnya.

Bagaimana ibu Magda melihat perkembangan generasi muda dari perupa Indonesia sekarang ini? Apakah mereka cukup apresiatif dengan kesenian tradisional Indonesia?

Cukup baik , semakin menyadari untuk menggali budaya etnik bangsa sebagai identitas lokal dalam berkarya.

Terdiri dari bentuk karya apa saja kah yang ibu Magda tampilkan dalam pameran kali ini?
Lukisan dan instalasi merchandise


Bisa disebutkan beberapa karya ibu Magda dalam pameran ini yang dibantu pengerjaannya oleh Gusto Sign?

Manequin path, lampu akrilik, jam akrilik, tatakan makan akrilik, wind chime


Bagaimana proses pembuatan dari karya-karya yang dibantu pengerjaannya oleh Gusto Sign? Mulai dari perancangaan hingga eksekusi?

Ide muncul dengan diskusi dengan pak Martin dari pihak Gusto Sign. Lalu saya buat draft image, skala ukuran dalam program freehand lalu cetak laser dan finishing.


Seberapa pentingnya workshop seperti Gusto bagi kalangan seniman dalam berkarya? Apakah workshop hanya sebagai alat bantu untuk mempercantik saja atau malah dapat membantu untuk merealisasikan ide-ide?

Sungguh sangat membantu dalam merealisasikan ide ide. Melalui workshop, kita para seniman dapat membuat ide yang sebelumnya hanya dalam angan angan menjadi nyata.

Seni bertemu dengan teknologi, dan sebaiknya seniman harusnya mengerti tentang teknologi walaupun tidak menguasai 100%. Dan Gusto memiliki team yang sangat eksploratif dan mampu mewujudkan ide ide seni saya dan team kama artwork....thanks a alot ya....
















semua foto yang ditampilkan dalam artikel ini adalah karya Magdalena yang dibantu pengerjaannya oleh Gusto Sign.
all photos courtesy of blog desain grafis indonesia.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails