Piktogram Pada Olimpiade Munich 1972


Seperti yang sudah sempat kami bahas pada beberapa postingan lalu, piktogram juga tidak dapat kita pisahkan jika kita berbicara mengenai sign system.

Dengan adanya Piktogram, sebuah sign system dapat kita kenali dengan lebih mudah, simpel dan yang paling penting dapat dibaca oleh semua orang dengan berbagai latar dan bahasa.



 Piktogram menjadi media komunikasi visual alternatif yang dapat menembus keterbatasan pemahaman akibat perbedaan latar belakang bangsa, bahasa, suku dan juga pendidikan.

Salah satu desainer yang terkenal dengan desain piktogramnya ialah Olt Aicher. Karya desainer asal Jerman ini yang paling dikenang ialah rangkaian piktogram untuk olimpiade Munich tahun 1972. Rangkaian piktogram buatan Aicher ini akhirnya telah menjadi standar internasional dan digunakan hingga sekarang.


Aicher mendesain bahasa ‘tanda’ secara sistematik dan terstruktur . Piktogram yang ia buat adalah rangkaian seri dari berbagai symbol yang kompleks dan komprehensif yang dapat memudahkan pengunjung Olimpiade Munich -yang terdiri dari berbagai orang dari beragam latar belakang dan bahasa- untuk dapat pergi ke berbagai lokasi dari penyelenggaraan Olimpiade sekaligus pictogram ini menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.
Pictogram ini lalu diterapkan pada berbagai bentuk publikasi Olimpiade seperti buku program, poster, stationery hingga tiket masuk.


Selain itu, Piktogram buatan Aicher ini juga diterapkan pada berbagai cinderamata seperti mug, tempat lilin, korek api dan masih banyak lagi.



Olt Aicher telah sukses menampilkan identifikasi visual yang dapat dipahami oleh banyak orang dari berbagai lapisan budaya dan juga bahasa. Dan karena itu, seri Piktogram ciptaan Aicher untuk Olimpiade Munich tahun 1972 ini adalah bukti nyata dari bentuk komunikasi visual yang baik.


0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails