Goygoy vs Gusto on Versus Magazine Cover



Ini adalah kali kedua bagi Gusto terlibat dalam pengerjaan sebuah sampul majalah. Jika beberapa waktu lalu kami mengerjakan laser cutting untuk sampul edisi majalah Concept, kini kami mengerjakan laser cutting untuk sampul majalah Versus yang terbit bulan Agustus 2009 lalu.


Pada pengerjaan laser cutting kali ini, kami memotong ornamen desain pada background sampul dan juga memotong objek tangan sehingga setiap jarinya bisa menekuk dengan luwas.

Desain dan foto dari sampul ini dikerjakan oleh studio design bernama goygoy. Kami pun sempat mewawancarai mereka mengenai pembuatan sampul Versus ini dan mengapa mereka memilih tangan sebagai objek foto.
1. Bisa diceritakan secara singkat mengenai apa saja yang dikerjakan Goygoy studio dan siapa saja yang ada di belakang Goygoy ini?
goygoy terdiri dari Ayudha Febrianty (movie director) dan Yan Mursid (graphic designer). Goygoy sendiri merupakan adalah wadah ‘pelarian’ kami dari dilema dan tuntutan kerja sehari-hari. Hehe.. Jadi goygoy itu mengerjakan apa saja yang kami suka tanpa peduli pendapat orang. :D
Lingkup kerjanya masih seputar dunia seni dan desain. Kami juga sangat tertarik dengan dunia toys seperti designer toys, custom toys, dan sebagainya.

2. Bagaimana awalnya bisa mengerjakan proyek sampul Versus edisi ini?
Sebenarnya kami ditawarkan oleh chief editor dari Versus Ismiaji Cahyono untuk mengerjakan sampul edisi keempat (edisi sebelumnya), namun kelanjutannya tidak jadi karena waktunya bentrok dengan kesibukan kami. Akhirnya kami mengerjakan edisi Versus kelima untuk bulan Agustus.

3. Ide tangan itu berasal dari pihak Versus atau dari pihak studio? Mengapa memilih objek tangan?
Ide tangan berasal dari pihak kami. Jika ditanya alasannya, mungkin karena bentuk wajah saya pas-pasan. :D


4. Apa tema besar dari kover ini?
Karena terbitnya di bulan Agustus, jadi temanya sedikit berbau nasionalisme khususnya nasionalisme dalam design grafis.

5. Bisa diceritakan secara singkat tahapan-tahapannya ketika membuat kover ini?
1. Kami sketch terlebih dahulu.

2. Tangan ditatto dengan menggunakan bulpen


3. Setelah itu, tangan yang telah ditato tadi kemudian difoto dengan kamera 40d dan bantuan lampu senter seadanya sebagai cahaya.


4. Foto lalu di tambal sana sini melalui program Photoshop CS3
5. Selesai

5. Kendala apa saja yang timbul ketika mengerjakan kover ini?
Satu-satunya kendala yang ada sewaktu pengerjaan sampul Versus ini adalah saya lupa menicure. :p

6. Apakah dari pihak Versus sebelumnya sudah memberitahukan bahwa kover ini juga akan diaplikasikan dengan teknologi laser cutting?
Sudah. Karena itu, kami juga membuat konsep desain 3D untuk sampul Versus ini.

7. Menurut kalian apakah pengerjaan kover Versus ini dengan laser cutting menambah kuat dari konsep yang sudah direncanakan dari awal?
Pastinya. Melalui teknik laser cutting jadi bisa semakin mengeksplor elemen grafis 3D yang memang telah kami konsepkan dari awal.
8. Sekarang, setelah terlibat bersama dalam pengerjaan kover Versus ini, apakah ada rencana Goygoy untuk bekerjasama dengan Gusto di masa yang akan datang?
Wah, mau sekali jika ada kesempatan.

9. Untuk ke depannya, Goygoy sedang terlibat dalam project apa saja? Bisa dibocorkan sedikit?
Dari 4 tahun yang lalu sedang merencanakan membuat buku visual goygoy yang tak kunjung selesai. Mudah-mudahan dapat terealisasikan dalam waktu dekat.

semua foto oleh goygoy

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails