Wayfinding di Singapura

Salah satu negara atau kota dengan penerapan wayfinding yang baik bisa dilihat di Singapura. Di Singapura, wayfinding system tersebar di berbagai sudut kota dan sangat memudahkan para pejalan kaki ataupun pengendara kendaraan untuk berpergian dan menaati semua aturan yang berlaku.




Untuk para pengguna transportasi umum, Singapura menyediakan sign system yang jelas dan akurat mengenai rute-rute kendaraan yang ditempuh berikut jam kedatangan yang juga akurat.

Pada setiap halte bis di beberapa jalan dilengkapi sign dengan kode bis yang akan melewati jalan tersebut. Jadi dengan kode tersebut akan memudahkan pengguna kendaraan umum atau bis untuk mencari halte bis yang akan dinaiki.

Sementara itu, Singapura dikenal juga sebagai kota yang penuh dengan aturan. Aturan-aturan ini diberlakukan dengan ketat dan akan dikenai denda bagi yang melanggarnya. Aturan-aturan ini juga disosialisasikan dengan sangat baik melalui berbagai petunjuk larangan yang tersebar di seluruh penjuru kota.


Dalam beberapa pictogram pada sign system di Singapura, menampilkan bentuk-bentuk arsitektur yang khas dari gedung yang dimaksud. Seperti pada foto di bawah ini yang memperlihatkan bentuk pictogram yang berbasis arsitektural.


Sedangkan di beberapa pictogram lainnya, menampilkan desain-desain standar internasional seperti pictogram taksi di bawah ini.


Kita di Indonesia berhak untuk berkaca pada Singapura. Bagaimana pemerintah Singapura mengatur tata kotanya dengan sangat baik salah satunya melalui penerapan wayfinding yang jelas, akurat dan tepat sasaran.


all photos by ardo ardhana

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails