Gusto Sign Sebagai Partner UNKL347 Dalam Singapore Design Festival 2009

Pada tanggal 20 hingga 30 November 2009 kemarin, telah terselenggara Singapore Design Festival 2009. Dalam festival ini, Gusto turut berpartisipasi sebagai partner dari UNKL347 dalam pengerjaan beberapa buah instalasi yang akan mereka tampilkan. UNKL347 sendiri menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia dalam ajang festival desain dua tahunan yang setiap penyelenggaraannya diikuti oleh berbagai desainer dan studio kreatif dari berbagai penjuru dunia.

Pada Singapore Design Festival kali ini, UNKL347 menampilkan rangkaian instalasi outdoor yang dinamakan Pop Sightings dan bertempat di sepanjang sisi sungai Singapura.


Konsep instalasi Pop Sightings itu sendiri tidak lepas dari tema besar Singapore Design Festival tahun ini yaitu Design 2050: Possibilities for Tomorrow dimana pesan yang ingin disampaikan adalah melalui desain dapat meningkatkan taraf kehidupan serta menciptakan beragam kemungkinan yang akan terjadi di masa depan.

Dari total delapan buah instalasi yang ada, kami membantu pengerjaan dari empat instalasi, yang terdiri dari:

1. Instalasi Framed Box



Instalasi ini terdiri dari dua bagian yang berbentuk box. Masing-masing bagiannya menampilkan rangkaian ilustrasi yang dibingkai di dalam frame. Ilustrasi ini kami kerjakan dengan proses laser engraving dan print on material.




2. Instalasi Wishing Tree


Instalasi ini keseluruhannya menggunakan material akrilik yang dilaser cutting mengikuti pola desain yang terdiri dari berbagai macam icon. Pada instalasi ini, digunakan juga material akrilik yang telah dipotong menjadi bagian-bagian kecil yang dipasang terpisah sebagai pengait untuk tag-tag yang akan dipasang pada instalasi ini.



Konsep instalasi ini adalah orang yang melewatinya dapat memasang tag-tag yang telah disediakan untuk kemudian tag tersebut diisi oleh keinginan mereka di tahun 2050.


Pada awalnya instalasi ini tidak mempunyai warna (bening) yang memang menjadi karakter asli dari material akrilik.


Namun untuk lebih menyerupai pohon, maka lembaran akrilik dicat dengan warna hijau oleh pihak UNKL347.



3. Instalasi Chart


Instalasi ini seluruhnya menggunakan material akrilik dengan pengaplikasian laser cutting dan cutting sticker. Selain itu, instalasi ini juga menggunakan benang-benang wol berwarna-warni yang dikaitkan di setiap akrilik yang ada.

Konsep instalasi ini adalah sebuah chart yang memprediksi bagaimana perkembangan dunia desain di Singapura di masa depan dengan membaginya ke dalam berbagai disiplin ilmu desain yang ada.


4. Pendukung instalasi

Selain pengerjaan teknis dari beberapa instalasi yang telah kami sebutkan di atas, Gusto juga mengerjakan beberapa pendukung yang menjadi bagian dari instalasi lainnya yang ditampilkan oleh UNKL347 dalam Singapore Design Festival 2009.


Salah satunya adalah dudukan akrilik yang melengkapi instalasi CCTV. Seperti pada instalasi pohon cemara, pada awalnya, instalasi ini tidak berwarna (bening), namun pada akhirnya dicat kembali untuk keperluan instalasi.

Jadi instalasi ini menyerupai kamera pengawas yang biasa tersedia di ruang-ruang publik, namun pihak UNKL347 mendesain kameranya dengan bentuk senjata. Maksudnya disini UNKL347 memprediksi bahwa di masa depan, mungkin kamera pengawas tidak hanya menjadi alat pemantau keamanan saja, namun juga dapat menjadi alat penanggulangan keamanan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di ruang publik. -->


Selain itu, kami juga mengerjakan dudukan berbahan akrilik untuk instalasi designer poster. Instalasi ini menampilkan delapan buah poster yang masing-masingnya terdiri dari dua buah tangan yang sedang memegang poster dengan karya tipografi yang jika dibaca keseluruhannya, akan membantuk kata "Wireless"




Terakhir, kami juga mengerjakan lipatan akrilik untuk caption yang dipasang pada setiap instalasi yang ada.


***
Pada akhirnya, kami merasa cukup puas dengan hasil yang ada walau waktu pengerjaannya bisa dikatakan sangat minim. Kami juga merasa senang telah sedikit banyak membantu para desainer UNKL347 untuk mewujudkan ide-ide brilian mereka ke dalam bentuk yang nyata. Terlebih semua yang kami kerjakan ini sebagai bagian dari sebuah festival desain berskala internasional.

Untuk foto selengkapnya dari instalasi Pop Sightings dapat dilihat di sini.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails