Sign System SAM vs ION

Ini sebagian oleh-oleh kami dari lawatan ke Singapura dalam rangka Singapore Design Festival 2009 kemarin.

Selama disana, kami sempat mengunjungi Singapore Art Museum (SAM) di jalan Bras Basah. Selain melihat koleksi yang sangat menarik yang sebagian besar buah karya dari para seniman Singapura dan berbagai seniman di kawasan Asia Tenggara, kami juga memperhatikan sign system yang terpasang di semua sudut dalam gedung SAM yang terbagi dalam beberapa sayap ruangan dengan total 18 ruang eksibisi.


Sign system yang ada disini selain berfungsi sesuai kaidahnya juga terlihat menarik dan dapat merefleksikan identitas dari gedung SAM itu sendiri sebagai medium visual art.


Gedung SAM didirikan tahun 1850. Awalnya adalah sekolah khusus pria yang bernama St Joseph's Institution. Semenjak St Joseph's Institution pindah ke gedung baru di jalan Malcom pada tahun 1988, maka gedung ini akhirnya digunakan sebagai museum. Gedung ini pada tahun 1992 diresmikan sebagai salah satu monumen nasional peninggalan sejarah oleh pemerintah Singapura.


Kembali ke sign system di gedung SAM. Jika diperhatikan lebih seksama, Sign System yang didesain oleh desainer Singapura bernama Francus NG ini mengambil outline dari berbagai detail arsitektur dari gedung SAM sendiri yang bergaya latin, antara lain dari bagian pilar serta lorong-lorong yang ada pada gedung.




Pemilihan material akrilik yang digunakan pada sign dimaksudkan agar pengunjung dapat melihat pantulan dari ruangan-ruangan yang ada. Francis juga menggunakan warna merah di beberapa sudut gedung agar dapat menimbulkan kesan yang dapat cepat menarik perhatian bagi yang melihatnya.




Sementara itu, selama di Singapura kami juga sempat berkunjung ke mall baru yang sekarang ini menjadi salah satu mall 'terpanas' di Singapura, yaitu Ion Orchad. Arsitektur Ion yang megah dan modern ini didesain oleh sebuah firma arsitektur dari Inggris.


Di Ion Orchad ini, kami juga memperhatikan sign system yang ada di seluruh gedung. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah directional sign pada toiletnya. Dengan dilengkapi lampu LED, directional sign untuk toilet di ION Orchad ini dengan mudah menarik perhatian pengunjung.

Pada bagian petunjuk toilet wanita dan pria, directional sign yang digunakan menampilkan tulisan His dan Her. Keduanya juga menggunakan lampu LED berwarna biru yang memang menjadi warna tema dari arsitektur ION Orchard.

Di sisi lain pada mall ini, directional sign yang digunakan terdiri dari dua bentuk, yakni bentuk 3D dan juga dalam bentuk tulisan yang tertera pada dinding atau pilar yang ada di dalam gedung.

Sign dalam bentuk 3D ditampilkan di setiap persimpangan jalan dan juga di beberapa sudut, terdapat map directory.


Di beberapa bagian lain, sign 3D ini juga menampilkan rangkaian pictogram yang juga dilengkapi dengan lampu LED.

Sedangkan directional sign yang tertera di dinding atau pilar-pilar di dekat tangga berjalan menggunakan aplikasi sticker cutting. Walau sederhana, namun sign jenis ini masih terlihat menarik dan informatif.



Pada akhirnya, keseluruhan sign system yang ada pada SAM dan juga mall Ion dapat menjadi contoh yang baik bagaimana sign system itu dapat menjadi petunjuk informasi yang akurat sekaligus menjadi sebuah tampilan tersendiri yang memperkuat identitas dari gedung yang ada.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails