Sharing SDF 2009 di Universitas Tarumanagara


Pada tanggal 10 Mei 2010, Gusto dan UNKL347 mendapatkan kesempatan untuk sharing pengalaman ketika mengikuti Singapore Design Festival pada tahun 2009. Total ada 7 buah instalasi yang dibuat oleh UNKL347 group artists, dan dipamerkan pada acara SDF tersebut.



UNKL347 mengikutsertakan total 12 orang desainer, yang bekerja selama 2 bulan tanpa henti mulai dari persiapan hingga proses instalasi karya di Singapura. Walaupun bekerja dalam tekanan deadline yang berat, namun semua karya berhasil diselesaikan tepat waktu untuk dipasang di Singapura.

Pada kesempatan kali ini ada lebih dari 30 peserta yang terdiri dari para mahasiswa-mahasiswi tingkat akhir yang akan lulus tidak lama lagi. Di dalam kesempatan ini, Gusto menyampaikan beberapa poin yang penting yang harus diperhatikan ketika desainer akan memasuki tahap produksi.

Pertama; gambar kerja yang lengkap. Gambar kerja memuat akan seperti apa produk yang sudah jadi, dimensi, dan jenis material yang digunakan. Kedua, proses produksi apa yang akan dipilih; jika material akan dipotong, maka alat apa yang akan digunakan untuk memotongnya? Apakah cukup hanya dengan gergaji tangan? Jigsaw atau circular saw? Atau perlu dipotong dengan Router maupun Laser Cut CNC?

Terakhir, finishing yang diinginkan. Apakah barang kemudian akan dicat? Jika ya, cat glossy atau matte? Dan setelah dicat, apakah masih dibutuhkan coating atau tidak? Jika kita memahami proses produksi dasar, maka kita dapat menghadapi deadline yang sempit dengan aman.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails