Ybother Artist Series #1: Eric Wiryanata

Setelah peluncuran debut produknya, line perhiasan dan aksesoris Ybother kini akan meluncurkan produk terbarunya dalam bentuk premium artist series.

Ybother akan berkolaborasi dengan beberapa seniman dan ilustrator berbakat negeri ini untuk menghasilkan produk perhiasan serta aksesoris yang tentunya masih menggunakan material akrilik dan teknologi laser yang Gusto miliki.

Artist pertama yang akan segera diluncurkan produknya, ialah Eric Wiryanata.




Eric adalah seorang ilustrator, font desainer, paper toys enthusiast dan juga dikenal sebagai pendiri dari webzine musik Deathrockstar.




Karya-karya Eric sudah banyak tampil dalam beberapa eksibisi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ia kerap membuat beberapa figur ilustrasi. Figur buatannya yang paling dikenal bernama Lemi the space wanderer yang telah tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari paper toys hingga plush toys.


Untuk seri Ybother, Eric membuat dua jenis ilustrasi. Yang pertama menampilkan Lemi dan yang kedua adalah ilustrasi yang menampilkan seseorang bermain Akordeon. Keduanya tersedia dalam bentuk kalung akrilik.



Berikut ini adalah petikan wawancara dengan Eric yang bercerita mengenai kepribadian Lemi hingga keinginan memiliki halaman rumah yang luas untuk berlatih menunggang kuda.

Kamu lebih senang disebut sebagai seorang ilustrator, seniman atau kritikus musik atau yang lainnya?

Semuanya senang. Artinya apa yang saya kerjakan berhasil diperhatikan orang.

Dari semua figur buatan kamu, mengapa hanya Lemi yang banyak dipublish? Apakah Lemi itu adalah signature dari seorang Eric Wirjanata?


Secara kepribadian Lemi itu perwujudan alam bawah sadar saya. Jadi mudah untuk direlasikan dalam bentuk apapun.
 

Sejauh ini Lemi sudah banyak berbicara di dunia internasional. Seberapa jauh kamu ingin membesarkan Lemi?

Sebesar rumah dengan halaman yang cukup untuk berlatih keterampilan menunggang kuda. hehehe. Nantinya tidak hanya Lemi, saya ingin membesarkan semua karya saya hingga sebesar-besarnya atau hingga bosan.


Seberapa penting pengaruh internet untuk distribusi karya kamu?

Penting banget. Koneksi saya di luar negeri biasanya dimulai dari Internet.


Medium apa saja yang biasa digunakan dalam berkarya?

Favorit saya sebenarnya menggunakan tinta cina di atas kertas. Tapi banyak karya saya menggunakan medium digital, karena mudah.

Bisa diceritakan awal keterlibatan kamu dengan proyek Ybother ini? Apakah pada proses pengerjaannya kamu memilih sendiri material atau hal teknis lainnya?

Keterlibatan awalnya karena saya tertarik dengan produk-produk Gusto. Lalu saya mencoba menawarkan diri untuk membuat sesuatu di Gusto. Ternyata mereka tertarik dan memang ada program artists series untuk line Ybother ini. Akhirnya jadi berkolaborasi.

Untuk material dan teknis, saya hanya memilih dari yang ditawarkan oleh pihak Gusto dan Ybother dan juga mengikuti saran-saran yang diberikan kepada saya.



Setelah proyek Ybother ini, apakah ada rencana untuk bekerjasama lagi dengan Gusto? Ingin membuat apa lagi kira-kira?

Kalau ternyata sukses atau ada gejala sukses, saya rasa akan dilanjutkan dong. hehe


Menurut kamu, seberapa penting workshop seperti Gusto bagi seniman?

Penting banget. Terutama dalam pengenalan aplikasi-aplikasi karya ke dalam bentuk yang lebih luas, Tidak terpaku pada cat dan kanvas saja. :)



Ybother Artist Series Eric Wiryanata akan diluncurkan pada akhir bulan Mei 2010. Karya-karya Eric Wiryanata lainnya dapat dilihat pada blog berikut ini:

http://thunderpanda.com/

http://robocadaver.blogspot.com/

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails