Laser Cut Dollar Bills

Dalam beberapa isu dalam ranah kesenian, kita kerap menjumpai istilah seni untuk uang. Dimana para seniman menghasilkan karya untuk sebuah tujuan: mendapatkan uang. Hal tersebut sebenarnya masih banyak diperdebatkan karena karya seni dinilai tidak lagi murni jika bersinggungan dengan uang.


Namun seorang seniman tattoo asal Amerika Serikat bernama Scott Campbell, membalikkan perdebatan itu dengan membuat sebuah karya seni dengan material uang. Untuk hal ini, Scott membuat sebuah istilah baru, yakni uang untuk seni.


Di sela-sela kesibukkannya dalam menorehkan karya seni di tubuh manusia, Scott mencoba untuk bereksperimen dengan menorehkan karyanya di atas lembaran uang 1 Dollar. Dengan menggunakan teknologi laser dalam hal ini cutting dan engraving, uang 1 Dollar pun menjadi arena bermain yang menyenangkan bagi Scott dalam berkarya.


Dalam seri yang ia beri nama "Make It Rain" ini menyuguhkan ragam laser cut dan engraving dengan menggunakan tumpukan uang 1 Dollar. Scott menumpuk lembaran 1 dollar sehingga berjumlah 100 dollar bahkan mencapai 500 dollar untuk mendapatkan efek lapisan-lapisan 3 dimensional yang akan membentuk gambar setelah di laser cut dan engraving.



Di beberapa karya dalam seri ini, Scott menampilkan 3 tumpukan uang sekaligus yang menjadi satu rangkaian karya. Grafis-grafis yang dibuat olehnya juga beraneka ragam temanya. Mulai dari tengkorak, pistol hingga Bunda Maria.



0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails