Nala(r) Modular Acrylic Cap

Belum lama ini, kami mendapat pesanan dari tim peneliti ITB untuk membuat sebuah rumah untuk rangkaian elektronik dengan menggunakan material akrilik yang dilaser cutting. Rangkaian elektronik ini kemudian dibentuk menyerupai helm untuk ditaruh di kepala.


Sekilas, apa yang dipesan oleh tim peneliti ITB ini kepada kami ini tampak membingungkan. Untuk apakah rangkaian elektronik ini? Ternyata apa yang dikerjakan oleh para peneliti dari ITB ini cukup mencengangkan dan memiliki fungsi yang berguna bagi kehidupan manusia.

Tanpa banyak diketahui oleh masyarakat luas, para peneliti ini telah berhasil membuat sebuah komponen penggerak mekanis otak atau yang dikenal dengan istilah Brain-Computer Interface (BCI).

Alat penggerak mekanis ini menggunakan perintah otak dengan menggunakan aplikasi lunak yang mereka beri nama Nala (r). Dengan Nala (r) ini memungkinkan seseorang memonitor aktifitas otaknya menjadi sebuah perintah yang diolah komputer dalam bentuk data. Sehingga pada akhir prosesnya perintah yang telah berbentuk data tersebut akan dapat menggerakkan sebuah obyek.


Ada dua manfaat utama dari teknologi ini, pertama dapat membantu keterbatasan fisik manusia yang mengalami kerusakan pada tubuh, baik fisik, sensor maupun kognitif. Kedua, sebagai teknologi asistif atau penolong, untuk meningkatkan produktifitas manusia secara keseluruhan.

Untuk teknisnya, teknologi ini menggunakan kabel elektrode yang dipasang di empat titik di kepala. Yang lalu terhubung dengan sebuah alat yang berfungsi merekam gelombang otak untuk kemudian menerjemahkan sinyal dari otak ke dalam bentuk data ke komputer.

Dan kami di Gusto, membuat rumah untuk kabel elektrode tersebut dengan menggunakan material akrilik yang berwarna-warni. Untuk skemanya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Dan hasilnya, dapat diliat dalam video berikut.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails