Kolaborasi Gusto dan NITIKI


NITIKI (baca: niti'i) adalah game yang mengangkat tema batik Indonesia sebagai gameplay. Dirancang dengan mengadaptasi pola, ragam hias, cara kerja, dan kisah batik Indonesia diharapkan menjadi salah satu alternatif informasi edukasi budaya.

NITIKI mengetengahkan interaksi participatory yang dapat mempersuasif calon pemain untuk berinteraksi secara bebas. Pemain dapat berkolaborasi sekaligus berlomba untuk menyelesaikan permainan yang didukung oleh teknologi gesture interaktif, yaitu multi-touch screen.






Kami di Gusto mendapat kesempatan untuk turut berpartisipasi dalam  game NITIKI ini melalui pembuatan rangka yang menjadi penompang dari layar yang ada. Rangka ini terbuat dari material akrilik yang di sisi kanan serta kirinya dihiasi oleh pola batik yang dihasilkan dari laser cutting
Rangka ini tidak memiliki penutup di bagian belakangnya agar sinar proyektor dapat menembus ke bagian layar. 






NITIKI yang diciptakan oleh Chandra Tresnadi ini bisa dikatakan sebagai game pertama di dunia yang menggunakan konten Batik. Karya anak bangsa ini pun mendapat respon positif pada beberapa eksibisi ketika dipamerkan. Dan baru-baru ini, NITIKI mendapat penghargaan INAICTA (Indonesian Information and Communication Technology) 2010 pada ketegori Best Digital Interactive Media.







0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails