Ybother Artist Series #2: Yfana Khadija Amelz



Yfana Khadija Amelz atau yang biasa dipanggil Ykha ialah seorang ilustrator muda yang semakin menanjak namanya khususnya dalam dunia seni rupa di Indonesia. Melalui coretan-coretannya yang khas, ilustrasi buatan Ykha ini telah tampil dalam beberapa poster musik, album musik hingga buku anak-anak.






Lulusan Arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung ini sehari-harinya bekerja di sebuah studio komunikasi desain bernama S.C.A.N.D.A.L. Selain itu, Ykha juga menjadi vokalis dari sebuah band electro clash, C.U.T.S.





Kami di Gusto merasa terhormat dapat bekerjasama dengan Ykha untuk Ybother artist series yang sekarang ini telah memasuki seri kedua. Dalam kolaborasi ini, Ykha mendesain sendiri perhiasan berupa kalung akrilik yang cantik. Berikut ini adalah petikan wawancara singkat kami dengannya.





Jika dideskripsikan ke dalam lima kata, apa saja yang dapat mewakili gaya ilustrasi seorang Ykha Amelz?

Fluid, dinamis, bebas, mengalir, lepas.

Apakah background arsitek yang kamu pelajari sewaktu kuliah memiliki pengaruh pada ilustrasi yang dibuat selama ini?

Pasti berpengaruh sih. Teori arsitek kan masih sangat berhubungan dengan desain. Cukup membantu seperti teknik merender, komposisi, konsep, dll. Tapi terus terang agak susah untuk mengembalikan garis tangan menjadi natural lagi setelah 5 tahun terbiasa menggunakan 'garis teknik'.

Apakah sewaktu kecil senang menggambar di berbagai bidang, misalnya meja, tembok, baju ibu, dll?

Seingat saya, saya sering membuat Bunda saya ngambek karena sisi-sisi sofanya habis dicorat-coret oleh saya. Namanya juga proses kan, bunda? hihihi..

Medium apa saja yang ini digunakan dalam membuat ilustrasi?

Saat ini sih masih didominasi sketsa pensil yang diwarnai secara digital di photoshop. Tapi dalam waktu dekat saya berencana mencoba cat dan canvas.




Bagaimana prosesnya bisa bekerjasama dengan Gusto sebagai salah satu seniman dalam Ybother artist series? 


Mulai dari sebuah wacana di sore hari bersama Ybother dan Gusto. Menurut saya proyek seni yang mereka tawarkan menarik sekali dan kebetulan salah satu ilustrasi saya sudah mereka pilih. Lalu berjalanlah kerjasama ini.

Pada proses produksi dlm Ybother artist series, apakah kamu terlibat dalam memilih bentuk atau material yang akan digunakan?

Bentukan produknya disesuaikan dengan ilustrasi saya. Namun karena faktor kesibukan saya di luar proyek ini, Ybother lebih banyak memberi masukan dalam pilihan material dan dimensi.




Sejauh ini, apakah punya rencana akan bekerjasama dgn Gusto lg dalam memproduksi ilustrasi kamu? Ingin buat seperti apa kira-kira?

Saya ingin membuat ilustrasi saya menjadi sebuah bentukan tiga dimensi. Mungkin bisa dalam bentuk akrilik. Seperti apa detailnya masih rahasia dong. ;)

Menurut kamu, seberapa penting workshop seperti gusto bagi seniman?

Cukup krusial. Banyak sekali seniman yang ingin mengeksplor media-media baru untuk diaplikasikan ke dalam karyanya. Workshop seperti Gusto bisa membuka lembaran ide-ide baru. Lots of fun!









Ybother Artist Series #1 Eric Wiryanata telah diluncurkan di bulan Mei dan dapat dilihat disini. Ybother Artist Series #2 Yfana Khadija Amelz diluncurkan pada akhir bulan Juli 2010. 


Karya-karya Yfana Khadija Amelz lainnya dapat dilihat di: http://ykhaykha.deviantart.com/

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails