Bandung Gartex 2012



Bandung sudah lama populer sebagai kiblat mode Indonesia. Tidak heran banyak industri garmen dan tekstil berkembang pesat di kota ini. Karena itu, Kristamedia Pratama memilih menyelenggarakan Pameran Teknologi Garment & TextilePrinting-nya di Bandung.

Pameran ini diselenggarakan sejak 28 hingga 31 Maret lalu, bertempat di Bandung Convention Center, Jalan Soekarno Hatta 354 Bandung. Meski acara ini gratis namun pengunjung harus berasal dari kalangan bisnis dengan menyertakan undangan. Setiap pengunjung juga dapat mengikuti seminar & workshop yang pesertanya dibatasi hingga 200 orang saja. Seminar dan workshop dimulai dengan membahas tentang teknis sablon pada kain, kemudian tentang digital printing yang diaplikasikan diatas kain.



Banyak peserta juga membawa mesin-mesin produksi. Dari mulai mesin jahit, mesin bordir, mesin potong kain hingga mesin laser dan digital printing. Sesuai tema, mesin-mesin merk Roland, HP, Mimaki, beberapa merk China dan Korea beserta contoh aplikasinya turut disertakan dalam pameran kali ini. Misalnya printer HP dengan tinta latex seri terbaru, dapat mencetak diatas permukaan kain dengan warna terang. Sedangkan printer Roland dengan tinta sublime, dapat memindahkan gambar maupun foto ke atas permukaan kaus.

Pameran ini menunjukkan banyaknya peluang baru di bidang desain dan produksi garmen. Dengan menampilkan mesin-mesin yang mampu melakukan digital printing di atas kain. Produk seperti celana, denim, kaus, baju balap, baju sepeda, hingga kain-kain untuk keperluan desain interior dapat dibuat lebih atraktif dengan penambahan gambar dan warna.

Dalam pameran diperlihatkan beberapa teknik untuk memindahkan tinta ke tekstil. Antara lain dengan sublimasi, yaitu gambar dicetak ke atas kertas memakai tinta sublime, kemudian dipindahkan ke atas kain dengan menggunakan panas dari mesin press. Ada juga mesin print yang dapat melakukan print ke atas gulungan kain, kemudian kain yang telah dicetak dimasukkan ke dalam mesin pemanas. Setelah kain dipanaskan, warna-warna tersebut akan keluar dan terlihat lebih cerah. Ada juga mesin yang dapat melakukan print atau cetak ke atas kain tanpa perlu dipanaskan lagi.


Di pameran Gartex ini juga ada beberapa mesin laser yang turut dipamerkan. Mesin-mesin yang dibawa ini merupakan mesin laser berkekuatan kecil, biasanya banyak dipakai untuk memotong bahan-bahan yang tipis. Bahan-bahan yang dijadikan sample disini mulai dari perca, kertas, maupun kulit imitasi. Uniknya, beberapa mesin laser yang dipamerkan memakai kamera untuk mendeteksi gambar. Sehingga bisa mengenali gambar pada permukaan kertas, kain, maupun kulit, kemudian memotong sesuai garis outline yang telah ditetapkan sebelumnya.

Laser menjadi salah satu alternatif produksi yang menjanjikan dengan rentang produk yang sangat luas. Karena itu mesin laser termasuk salah satu primadona industri saat ini. Namun jika anda merasa mesin laser terlalu mahal dan menginginkan alternatif lain yang lebih murah, silakan mampir ke tempat kami.




0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails