Laser Cut MDF Clockbase



Beberapa waktu lalu kami memuat aplikasi mesin laser pada acrylic untuk membuat jam dinding. Keistimewaan dari jam ini adalah bentuknya yang unik, yang tidak mungkin didapatkan dengan mesin potong biasa. Jika jam yang kami kerjakan waktu itu mengambil tema kota-kota di Indonesia, kini kami mendapat kesempatan untuk mengerjakan jam ornamen dari material yang sama sekali lain, MDF.

MDF atau Medium Density Fibreboard, memang merupakan salah satu material favorit untuk dipakai bersama mesin laser. Bentuknya yang kokoh, dengan tekstur kayu kuat namun ringan dengan permukaan sangat rata menjadi salah satu alasan mengapa MDF begitu populer. Alasan lain ialah harganya yang terjangkau dibandingkan nenek moyangnya , kayu. MDF juga mudah diproses menggunakan bermacam mesin. Pemotongan dengan laser pada MDF pun lebih mudah karena tidak perlu memperhatikan tekstur atau perbedaan ketebalan yang umum terdapat pada kayu.


Pemakaian MDF tidak terbatas, termasuk dapat dimanfaatkan untuk produk-produk kecil hingga besar. Untuk jam ini, MDF yang dipakai memiliki ketebalan 3 mm. Terdiri dari dua variasi desain. Masing-masing diaplikasi di atas bidang 49 x 192,5 cm untuk desain daun. 52,8 x 103,5 cm untuk desain ornamen.

Sayang karena keterbatasan waktu, mesin jam dinding tidak sempat dipasang pada MDF yang telah selesai dipotong dengan laser. Meski demikian, hasil laser pada kedua desain menampilkan pola yang sangat indah tanpa meninggalkan residu pembakaran. Terima kasih Pak Sutirto atas kepercayaannya pada kami.



0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails