Laser on Guitar by Secco Guitar


foto dari sini

Musik, adalah bahasa universal. Musik, tak mengenal batas usia maupun ras. Musik, seperti dikatakan filsuf adalah bahasa yang menyatukan perbedaan sekaligus meniupkan semangat kehidupan.

Musik, juga telah meniupkan semangatnya pada Yosefat Wenardi. Seorang Luthier yang mengatakan bahwa membuat gitar bukan lagi sebuah profesi, namun merupakan “way of life” baginya. Setelah satu dekade lebih menggunakan keahliannya untuk membuat gitar dibawah nama Secco Guitar, Pak Wen masih menjadi luthier andalan pemusik Indonesia.
Dalam membuat gitarnya, Secco senantiasa mengedepankan kualitas. Baik kualitas musik maupun desain. Tagline Secco “luthery handcrafted guitar,” jelas menggambarkan gitar yang diproduksi Secco dibuat dengan penuh ketelitian, sebagai maha karya sang luthier. Luthier sendiri adalah gelar yang diberikan bagi pembuat alat musik petik. Kombinasi antara keahlian dan teknik  luthier serta bahan inilah yang mampu menghasilkan gitar berkualitas tinggi.


Demi kesempurnaan pula, Pak Wen mempercayakan pengerjaan kustomisasi gitarnya pada kami. Bagian yang akan dilaser adalah bagian kepala atau head. Modifikasi yang dilakukan tidajk menyentuh bagian fungsi, namun memberi nilai lebih pada estetika.

Bagian ini dikerjakan dengan memberi pelapis dari bahan veneer yang dilaser. Teknik laser cutting dikerjakan dengan memotong veneer sehingga membentuk sebuah kata. Sedangkan teknik laser engraving dipakai untuk menggafir pola batik di atas veneer.  Motif batik yang dipilih adalah motif parang rusak. Veneer impor berkualitas baik ini pun nampak semakin indah.


Setelah veneer selesai dilaser, berikutnya proses prakitan gitar kembali dilakukan di Secco. Berikut beberapa contoh produk Secco.

foto dari sini

foto dari sini


Selain head, laser juga dapat diaplikasi pada bagian body secara penuh. Contohnya laser pada gitar milik Armanda Deininger berikut


Meski demikian, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika akan memodifikasi gitar dengan laser. Terutama bentuk gitar yang berlekuk di banyak sisi membuat laser hanya bisa diaplikasi pada beberapa bidang datar tertentu. Untuk mengetahui bidang mana saja yang dapat diaplikasi dengan laser, konsultasikan dengan workshop laser Anda.


0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails