Origami Poskarte by Formes-Berlin


Ketika pertama kali mengenal kartu pos, bentuknya masih persegi dengan bagian depan bergaris khusus menulis alamat penerima dan pengirim. Kemudian di sebelah kiri terpampang logo Pos Indonesia. Barulah di bagian belakang kartu berwarna kuning buram itu kita dapat menulis pesan-pesan. Itu dulu, kini dengan teknologi semakin maju, bentuk dan desain kartu pos makin beragam.

Pun begitu, kartu-kartu pos milik Formes-Berlin ini masih mampu mencengangkan mata berkat ide desainnya yang unik. Mereka menggabungkan teknologi laser dengan budaya berkirim pesan konvensional hingga menghasilkan kartu-kartu yang bukan saja khas namun interaktif. Misalnya saja kartu pos hasil desain Imelda Bettinger berjudul hippo postcard di atas. Bentuk awalnya berupa lembaran veneer dengan jejak-jejak laser cutting di tempat menulis pesan, namun ketika jejak tersebut diangkat, muncullah sesosok kuda nil lucu yang dapat dilipat hingga berdiri. Cantik bukan?



Selain kartu pos hippo, masih banyak desain lain yang tidak kalah unik ditebar di website Formes-Berlin. Dari sekedar binatang yang dapat berdiri sampai gantungan burung dapat dibuat dari selembar kartu pos saja. Formes-Berlin sendiri menyebutnya "Origami meets Postkarte," sebuah ungkapan yang sempurna untuk menggambarkan kartu-kartu spesial ini. Tertarik untuk membuatnya? Jika Berlin terasa nun jauh di mata, Anda dapat mendesain kartu Anda sendiri dan minta bantuan workshop laser terdekat untuk merealisasikannya. Selain unik, kartu Anda juga akan memiliki sentuhan personal yang tak bakal didapatkan dari kartu pos produksi massal.


0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails