Print on Resin by Arin Sunaryo


Masih ingat pameran tunggal Arin Sunaryo bertajuk Frozen|Stratum? Kala itu Arin Sunaryo mengeksplorasi material resin sebagai medianya berkarya. Tak puas hanya bermain dengan resin, Arin juga menuangkan kreasinya di media tersebut lewat print on material. Hasilnya, dibalik warna-warna tajam yang khas, Arin sukses menyisipkan sekelumit imaji diri dan lingkungannya.

Kini, Arin Sunaryo kembali berkunjung ke workshop Gusto Sign dalam rangka mengerjakan karyanya yang terbaru. Masih setia dengan resin, kali ini Arin menonjolkan sisi yang lain. Jika sebelumnya karya Arin didominasi warna merah dan warna-warna terang lain, kini nampak warna monokrom sebagai gantinya. 


Tekniknya sendiri masih memakai print on material yang di aplikasi secara mirror. Dengan kata lain, ilustrasi di cetak di balik permukaan resin. Resin yang dipakai berukuran 1x1 meter, dengan warna putih mendekati krem. Karena tekstur resin yang tidak rata, antara lain bergelombang di bagian sisi maupun ombak kecil di bagian tengah permukaan, resin harus melalui proses press sebelum dicetak. Meskipun telah melalui proses press, resin masih sedikit bergelombang di permukaannya. Karena itu kepala mesin dinaikkan mengikuti permukaan yang paling tinggi. Kendalanya apabila head dinaikkan terlalu tinggi, gambar bisa berbayang. Untunglah pada karya ini kendala itu tidak terjadi. Hasilnya ilustrasi Arin Sunaryo tampil sempurna, rapi dan jernih. Terima kasih Arin, semoga sukses di pamerannya kali ini.


0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails