Gusto & UNKL347 Berbagi Cerita Mengenai SDF 2009 di Universitas Maranatha








Pada hari Sabtu, 20 Maret 2010, kami di Gusto kembali mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu pada teman-teman mahasiswa di universitas Maranatha, Bandung. Setelah sebelumnya kami mengisi kuliah umum mengenai profesi, kini kami mengisi kuliah tamu bersama dengan rekan UNKL347 dimana kami berbagi pengalaman mengenai proses persiapan dalam mengikuti SDF (Singapore Design Festival) 2009.

UNKL347 memberikan gambaran menyeluruh mengenai langkah-langkah yang dilalui untuk dapat ikut serta dalam event desain tahunan tersebut. Mulai dari tahap pembuatan konsep desain, sketsa, proposal, hingga produksi, pengurusan ijin, pengiriman, dan instalasi. Ternyata pada setiap langkah, desainer akan selalu menemukan kesulitan yang menjadi tantangan untuk dapat diselesaikan. Misalnya perijinan, dimana sebuah instalasi harus mendapat persetujuan dari 3 atau bahkan 4 divisi yang berbeda di Singapura. Sehingga apabila ada satu saja divisi yang tidak menyetujui suatu konsep, maka instalasi tersebut harus dibatalkan.

Berpacu dengan waktu yang singkat, UNKL347 berhasil memboyong 7 instalasi dari 11 konsep awal yang diajukan, dimana seluruh instalasi tersebut berada di luar ruang, tersebar dalam beberapa ruang umum di sekitar gedung pameran.

Banyak pengalaman unik, yang tidak terbayang sebelumnya, yang ditemui oleh tim desain UNKL347 pada saat persiapan hingga instalasi. Mulai dari kesulitan ketika harus membongkar begitu banyak karya instalasi yang dikirimkan dari Indonesia, padahal waktu yang tersedia hanya 2 jam. Hingga hilang dan rusaknya beberapa karya yang ditampilkan di sana.

Banyak pertanyaan menarik dari para mahasiswa/i yang ingin mengetahui secara teknis langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan masalah yang ditemui dalam proses kreatif, hingga keuntungan-keuntungan yang didapat dari keikutsertaan dalam event-event internasional seperti SDF ini.

Secara keseluruhan sesi kuliah tamu kami hari itu berjalan sukses dengan sambutan positif dari para teman-teman mahasiswa. Pada kelanjutannya, kami berencana untuk melanjutkan program kkuliah tamu seperti ini pada beberapa kampus di Bandung. Nantikan kunjungan kami berikutnya!

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails