Desain Catur Bernuansa Pop

Dunia pendidikan senantiasa menjadi pemicu perubahan. Dari ranah ini, muncul anak-anak muda dengan ide inovatif yang nantinya akan membuat perbedaan. Misalnya Kelvin, salah seorang mahasiswa jurusan desain grafis sebuah universitas ternama di Bandung. Ia mendesain ulang sebuah boardgame populer menjadi permainan dengan nuansa yang benar-benar baru, sebagai tugas akhirnya.

Rasanya hampir semua orang mengenal permainan catur. Permainan ini muncul sekitar abad ke-6 di India dengan nama Chaturanga. Artinya "Memiliki empat bagian." Catur pertama kali dimainkan sebagai simulasi strategi perang kala itu. Setelah India, Catur menyebar ke Persia kemudian Eropa sekitar abad 11. Sejak saat itu, catur telah menjangkau banyak negara dengan pemain dari berbagai kalangan usia.

Di tangan Kelvin, permainan ini diubah menjadi permainan strategi fantasi dengan menyertakan figur binatang dan monster sebagai bidaknya. Bidak-bidak catur yang biasanya berwarna hitam melawan putih, digantikan oleh karakter-karakter yang di desain Kelvin. Masing-masing mewakili dua kerajaan, yaitu Animal Kingdom dan Monster Kingdom.
Kelvin membuat empat desain produk dan packaging. Selain bidak catur, Kelvin merancang kotak untuk menyimpan bidak-bidak tersebut serta puzzle kayu sebagai side-game. 

Bahan Acrylic putih setebal 2mm dipakai untuk membuat kotak. Desain grafis masing-masing kerajaan dicetak di atas acrylic dengan teknik Print on Material. Agar kotak mudah dibuka-tutup, dipasang engsel dari bahan plastik bening di satu sisinya.
Sedangkan untuk papan permainan dan puzzle, Kelvin memilih bahan MDF dengan tebal 10mm. Desain kotak khas permainan catur dilengkapi lagi dengan tempat menaruh bidak di kedua sisi. Desain ini juga dicetak di atas MDF menggunakan print on material. Untuk puzzle, desain di cetak terlebih dahulu diatas MDF sebelum dipecah menjadi 12 bagian berbentuk dadu. 

Bidak caturnya sendiri tidak dikerjakan di Gusto. Namun desain bidak catur telah dapat dilihat di petunjuk permainan yang juga dibuat dari material MDF tersebut. Terima kasih, Kelvin. Semoga sukses dalam tugas akhirnya.

Lihat juga project tugas akhir lainnya seperti Engraved Notebook, Lampu Meja, Birdhouse, Gantungan Kunci

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails