Membuat Designer Toy Dengan Lasercut

Cthulhu adalah karakter fiksi yang diciptakan oleh H.P Lovecraft. Ia pertama kali muncul dalam cerita pendek “The Call of Cthulhu” yang dipublikasi di Pulp Magazine pada 1928. Sang penulis mendeskripsikan karakternya sebagai “separuh gurita, separuh naga, separuh karikatur manusia.”
Daya tarik Cthulhu memikat Joseph Larson untuk membuat desain tiga dimensi dari Cthulhu. Ia membuatnya khusus untuk mesin laser. Namun demikian, bukan Joseph Larson yang menghadirkan Cthulhu ke dunia nyata.
Adalah Tramell Hudson, seorang designer produk, yang ketika melihat desain Joseph langsung terpanggil untuk merealisasikannya. Desain yang sedianya dibuat dengan Makerbot diubah untuk diproses dengan laser cutting.


Yang pertama kali Tramell lakukan adalah memperbesar desain agar detail Cthulhu tetap jelas saat dpialikasikan pada acrylic transparan setebal 3mm. Kemudian ia menggunakan software Skeinforge untuk membentuk irisan-irisan pada acrylic. Irisan ini harus presisi agar Cthulhu terbentuk sempurna. Proses ini menghasilkan pola irisan yang jika disusun akan membentuk seluruh tubuh Cthulhu. Pola terdiri dari banyak irisan untuk diaplikasi pada mesin laser.


Proses selanjutnya tinggal mengatur material acrylic transparan diatas meja laser. Kemudian mengukur dan melakukan setting pada mesin agar hasilnya presisi serta acrylic terpotong sempurna tanpa pengulangan. Sehingga hasil potong tampak rapi dan halus. Untuk ini, kekuatan mesin laser dinaikkan hingga 100% dengan kecepatan 6%. Proses ini memakan waktu hingga satu jam lebih.


Setelah proses laser selesai, Tramell menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyusun hasil potong kedalam bentuk utuh. Tramell mengatakan, kedua bagian acrylic dapat dimanfaatkan. Hasil potong dapat dipakai membentuk Cthulhu dengan sempurna, sedangkan bagian luar atau sisanya, dapat disusun dengan cara yang sama, dan menghasilkan figure Cthulhu versi negatif. Hasilnya dapat dilihat pada dua gambar berikut:


Lihat Designer Toys yang pernah dikerjakan di Gusto Sign disini dan disini

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails