Laser Punch Hat & Cap



PT. Hini Daiki Indonesia adalah perusahaan yang khusus memproduksi topi. Kebanyakan produk mereka dipasarkan di pasar internasional dan Jepang. Perusahaan yang berlokasi di Tasikmalaya ini mengedepankan kualitas pada produk mereka. Untuk itu, mereka menggunakan teknologi laser dalam memotong bahan produk.

Laser dipilih agar hasil potong rapi dan bebas dari sisa bahan. Regulasi produk yang cukup ketat di Jepang memang mengharuskan produk yang dipasarkan disana bersih dari serabut kain sisa pemotongan standar.

Topi-topi yang dikerjakan di Gusto terdiri dari tiga warna, dengan satu desain utama. Masing-masing bahan topi dikirim dalam bentuk raw atau mentah. Nantinya, pola topi akan dipotong menggunakan laser, kemudian di atas bahan ini diaplikasi teknik laser punch. Lebih jauh tentang teknik laser punch telah kami bahas disini.



Laser punch diaplikasi membentuk huruf dengan ketebalan tertentu. Hasilnya, bahan yang dipotong menggunakan laser tidak meninggalkan residu pembakaran maupun serabut dan tampak rapi. Setelah proses laser selesai, berikutnya bahan dibawa kembali untuk diproses menjadi topi. Selain produk topi, PT. Hini Daiki yang telah berdiri sejak 1989 juga memproduksi kaus dan produk sejenis. 


Ternyata teknik laser punch juga cantik ketika diaplikasikan di atas kain. Sebelumnya, telah banyak teknologi laser lain yang dipakai untuk kain. Sebut saja laser engrave dan laser cut. Material kain yang dapat dipakai pun bervariasi. Mulai dari kulit, kain satin, dan sebagainya. Namun demikian, tak semua kain dapat menerima panas yang dikeluarkan mesin laser dengan baik. Beberapa jenis kain yang mudah terbakar akan meninggalkan bekas ketika ditembak dengan laser. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya kain dites terlebih dahulu.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails