Laser Engraving on Multipleks



Rasanya sudah lama kami tidak mengangkat tugas akhir dari kalangan mahasiswa. Biasanya di bulan-bulan menjelang semester baru, cukup banyak proyek tugas akhir yang mampir ke meja kami. Misalnya tahun lalu kami mengerjakan rumah burung milik Anastasia, dan pembatas buku milik Nesha. Selain itu, kami juga sempat bekerja sama dengan beberapa mahasiswa fakultas seni dan desain ITB. Seperti pada lampu bercorak batik parang milik Kurniawan Gunadi, meja dari Reza Anwar, dan masih banyak lagi.

Khusus di minggu ini, kami akan kembali mengangkat proyek tugas milik mahasiswa. Sekaligus menyertakan doa dan ucapan selamat pada teman-teman yang menanti kelulusan maupun kenaikan tingkat di semester baru.



Mengawali Senin pagi ini, tugas akhir Mirna, seorang mahasiswi Fakultas Seni Rupa dan Desain mendapat giliran pertama. Untuk tugas akhirnya Mirna berniat membuat kotak dari bahan multipleks. Namun agar multipleks terlihat lebih eksklusif, Mirna mencari multipleks yang memperlihatkan serat kayu dengan jelas. Di atas multipleks ini nantinya akan digrafir dengan desain yang telah ditentukan.

Laser engrave diaplikasi di permukaan multi dengan ketebalan 0.02mm. Hasilnya, grafir terlihat jelas karena adanya perbedaaan warna pada lapisan permukaan multipleks dan lapisan di bawahnya. Sayang karena keterbatasan waktu, proyek ini tidak sempat dibuat kotak. Meski begitu, perpaduan multipleks dengan grafir nampak cantik diaplikasikan menjadi berbagai karya. Terima kasih Mirna, semoga sukses dengan tugas akhirnya.


0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails