Acrylic Fashion Catalog by Imelda



Proyek tugas kedua datang dari Imelda, mahasiswi fashion design Universitas Kristen Maranatha. Imelda ingin membuat semacam katalog untuk menampilkan koleksi rancangan busananya. Katalog tersebut akan disertakan pada pameran yang diselenggarakan di UK Maranatha bulan ini.

Sebelum katalog dibuat, Imelda telah memberikan foto-foto hasil rancangan busananya dalam format JPEG. Foto ini kemudian dicetak di atas material acrylic untuk mendapatkan kesan mewah-modern. Acrylic yang dipilih adalah acrylic transparan dengan ketebalan 1.5 mm. Teknik print on material diterapkan secara mirror, atau terbalik. Artinya, gambar dicetak di bagian belakang acrylic dengan teknik terbalik. Ketika proses print on material selesai, gambar akan terlihat normal dari sisi permukaan acrylic yang bersih. Katalog lalu disambung menggunakan binder. Kemudian dirangkai menjadi halaman-halaman buku.  


Hasil rancangan Imelda kali ini terinsiprasi dari sebuah film yang disutradarai Tarsem Singh berjudul Immortals. Sesuai namanya, film ini menceritakan kisah kaum abadi dari mitologi Yunani. Filmnya sendiri mendapat rating 6.1 dari imdb. Namun demikian, desain kostum dan pakaian dalam film mampu menampilkan nuansa mitos dengan apik.

Koleksi rancangan Imelda terdiri dari empat busana. Masing-masing memadukan fashion dari film Immortals yang cenderung tegas dan kokoh, dengan busana dewa-dewi Yunani yang simpel dan anggun. Imelda menyebut koleksinya ini Ready to Wear Deluxe. Sangat cocok bagi mereka yang berjiwa dinamis dan sleek.

gambar dalam format .jpg

hasil print on material di permukaan acrylic

Teknik print on material juga pernah diterapkan di atas resin oleh Arin Sunaryo, di atas kaca untuk display Pakar Utama 8, di atas multipleks, hingga kulit. Lihat juga produk lain yang dapat dibuat dengan acrylic disini.

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails