The River, Lasercut Light Installation


Gusto Sign telah beberapa kali bekerjasama dengan mahasiswa khususnya dari prodi/jurusan desain. Produk-produk yang dihasilkan mahasiswa desain umumnya unik dan inovatif, sehingga terkadang memerlukan proses pengerjaan khusus. Tantangan sekaligus kesempatan seperti ini selalu menarik bagi kami. Misalnya ketika mengerjakan lampu meja milik Katarina, maupun yang baru-baru ini dikerjakan adalah catur nuansa pop dan lampu corak batik parang.

Selain di Indonesia, di luar negeri teknologi laser juga sudah lama dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mewujudkan ide desain mereka. Baru-baru ini, sebuah karya dengan laser dipamerkan di iLight Festival 2012. Sebuah festival bertema cahaya di Marina Bay, Singapura.

Adalah 6 mahasiswa Lasalle College of The Arts Singapore beserta seorang dosen mereka yang mendesain karya berjudul The River tersebut. Mereka adalah Adam AwBenjamin LowJacky BoenMithru VigneshwaraMui Rui Yi dan Zac Ong, beserta Andreas Schlegel.


The River unik karena tidak hanya memamerkan keahlian desain produk saja, namun juga terintegrasi dengan kehidupan sekitarnya. Instalasi ini memancarkan 72 lampu LED dalam barisan acrylic transparan. Pemotongan acrylic dilakukan dengan laser cut agar susunan air terbentuk sempurna. Kemudian cahaya lampu diatur pergerakannya mengikuti suara air sepanjang sungai Singapura yang telah direkam sebelumnya

Karya The River sendiri terinspirasi dari sungai Singapura yang mencerminkan dinamika Singapura sebagai sebuah negara, melalui pergerakan arus airnya yang berubah seiring perkembangan negara tersebut. Konsep yang pas dengan tema pameran "Light as Life."


Berikut video instalasi The River saat dipamerkan:


video proses pembuatan The River:

0 Comments:

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails